mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Proyek Infrastruktur Jalan Jembatan Permudah Distribusi Hasil Pertanian / Perikanan Di Kabupaten Halbar

Published on Oct 19 2016 // Berita Utama

kabid-binamarga-pu-halbar-abdul-hamid-yusri-st-m-scHalmahera Barat, (MR)
Program kerja sama Segitiga emas antara 3 Pemerintahan yakni Kota Ternate, Tidore Kepulauan dan Kabupaten Halbar memiliki dampak yang signifikan bagi kemajuan pembangunan daerah khususnya di 3 pemerintahan tersebut apabila memiliki aspek perencanaan yang matang dan ditunjang dengan sinergitas kerjasama antara sektor. Untuk Kabupaten Halbar difokuskan pada 3 pilar penting yakni pertanian, Pariwisata, dan perikanan.
Ketiga pilar tersebut perlu bersinergi dengan sektor-sektor pendukung diantaranya infrastruktur guna pencapaian hasil yang signifikan.

Diwawancarai MR. Kabid Binamarga Kabupaten Halbar Abdul Hamid Yusri, ST. M.Sc mengatakan infrastruktur jalan dan jembatan guna mendorong 3 sektor prioritas tersebut oleh Dinas PU saat ini terfokus jalan di kecamatan Ibu dan Tobaru. Untuk 2016 fokusnya pada ruas jalan Jailolo – Ibu dan Ibu – Togoreba Tua.
Menurut Yusri status jalannya adalah sebagian Jalan Provinsi. “ini untuk menunjang distribusi hasil pertanian karena daerah itu adalah sentra pertanian” tutur Yusri.

Menurutnya Ruas Jalan Jailolo – Ibu ada 2 segmen, segmen pertama kota Jailolo dan segmen ke 2 Ibu – Togoreba Tua sejauh 15 Km. Sementara untuk kota Jailolo ada pelebaran dan Overlay. Selain itu untuk 2016 ini juga ada proyek irigasi yang sudah dapat tambahan anggaran dari dana alokasi khusus.

Ia optimis dengan percepatan proyek pembangunan infrastruktur jalan jembatan dan irigasi ini dapat berkontribusi khususnya dalam peningkatan produksi pertanian dan perikanan yang sangat penting lagi adalah mempermudah distribusi hasil pertanian dan perikanan dari sentra produksi kepasar konsumen. >>Ateng

Leave a comment