mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Polres Samosir Laksanakan Launcing Aplikasi Layanan “Polisi Kita” Berbasis IT

Published on Feb 15 2017 // SosEkBis

Samosir, (MR)
Pelaksanaan Launcing Layanan Aplikasi “Polisi Kita” di laksanakan Polres Samosir diwakili oleh Waka Polres Hamdan, SH, MH. Launcing Peresmian Layanan Aplikasi “Polisi Kita” berbasis IT (E-Policing) Polda dan Polres jajarannya, dihalaman Mako Polres Samosir, hadir pada acara itu, Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga, sejumlah pimpinan SKPD, Camat se-Kabupaten, Danramil Pangururan, Kalapas Pangururan, tokoh masyarakat, ormas dan sejumlah masyarakat yang ada di Kecamatan Pangururan, Dari ormas hadir Ketua DPD JPKP Samosir Sartono Sihotang.

Pada acara itu, Iptu Pol T.R.Sitompul selaku protokol menerangkan, sesuai dengan program Kapolri Jendral Polisi Drs.HM.Tito Karnavian, MA.PHd, menuntut Polisi harus profesional, modern, terpercaya (promoter). Untuk itu, beberapa Polda menyikapi gagasan Kapolri, sehingga Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol DR. Rycko Amelza Danniel, MSi, atas gagasan dan inovasinya menciptakan program E-Policing membawa kepolisian lebih terbuka melalui aplikasi ini. Aplikasi ini hanya dapat didownload pada pengguna handphone android.

“Pada aplikasi ini, masyarakat akan mendapat informasi dan penjelasan tentang Kepolisian Polda Sumatera Utara dan jajarannya,” kata Iptu T.R.Sitompul menjelaskan. Dalam hal ini, tambahnya,”Polres Samosir juga akan diakomodir segala sesuatu informasi, baik kejadian yang ada di Polres Samosir, sehingga dari pengembangan ini, masyarakat Samosir dapat melihat bentuk-bentuk pengaduan, keresahan dan apa saja yang dialami oleh masyarakat”. Dia juga menegaskan, dengan kecepatan informasi ini Polres Samosir siap memberikan pelayanan yang terbaik. Pada kesempatan itu, Kapolri Jendral Polisi Drs.HM.Tito Karnavian, MA.PHd melakukan video conference (vidcom) kepada seluruh Polres dijajaran Polda Sumatera Utara.

Wakil Bupati Samosir Ir.Juang Sinaga, mengapresiasi gagasan dan inovasi Kapolda Sumatera Utara dalam menciptakan Program “Polisi Kita” (E-Policing). Untuk itu, Wakil Bupati mengajak dan menghimbau seluruh masyarakat Samosir untuk menggunakan program ini, katanya,” untuk itu jangan ada masyarakat membuat laporan atau informasi palsu pada penggunaan aplikasi ini, bila itu dilakukan,secara otomatis android pengguna akan diblokir dan tidak dapat lagi menggunakan aplikasi ini, seperti yang telah dijelaskan”.

Waka Polres Samosir Kompol Hamdan, SH, MH, saat dikonfirmasi mengenai hanya sejumlah masyarakat Pangururan yang menghadiri acara tersebut, menerangkan kepada wartawan, katanya “mengingat acara E-Policing ini dilaksanakan tepat pada hari minggu, sehingga banyak masyarakat yang Kristiani mempersiapkan diri untuk kegiatan ibadah digereja”. Untuk itu, katanya lagi,”karena acara ini dilaksanakan di Polres, ini adalah awal dari kegiatan, seterusnya akan disosialisasikan kepada masyarakat melalui kecamatan-kecamatan dan bekerjasama dengan polsek-polsek yang ada di Kabupaten Samosir, sehingga program ini akan sampai kepada kelompok-kelompok masyarakat yang terkecil”.

Waka Polres Samosir Kompol Hamdan SH,MH, juga menjelaskan bahwa program ini belum begitu familiar, sebab menggunakan handphone android dan juga masih banyak masyarakat yang belum memilikinya. “Walaupun demikian, dengan adanya program Polisi Kita (E-Policing), tiap-tiap Kapolsek dan Camat serta Danramil yang ada ditingkat kecamatan, dapat bekerjasama untuk mensosialisasikan program Polisi Kita yang berbasiskan IT dengan menggunakan handphone android”, ujarnya berharap.

Sesuai Pantauan Wartawan Media Rakyat acara ini berjalan baik dan mendapatkan sambutan yang baik pula dari masyarakat setempat. >>Sartono Sihotang

Leave a comment