mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Poktan Mekarsari Gelar Syukuran dan Panen Raya

Published on Jun 09 2012 // Nusantara

Tasikmalaya,(MR)
WAKIL Walikota Tasikmalaya Ir.H.Dede Sudrajat,MP. secara simbolis melakukan Panen Raya Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) kelompok tani mekarsari kampung ciroyom kelurahan nagarasari kec.cipedes kota tasikmalaya di persawahan ciroyom kel.nagarasari.
Ketua kelompok tani me-karsari, Dayat mengatakan bahwa kegiatan ini murni inspiratif kelompok tani mekarsari dan dana nya pun dari swadaya masyarakat yang mempunyai lahan atau sawah di wilayah kampung batik Ciroyom Kelurahan Nagarasari Cipedes.
Kelompok Tani Mekarsari ini beranggotakan 70 orang dengan luas sawah yang dipanen adalah 25 hektare dan tanaman padi yang ditanam jenis Situ Bagendit. Diperkirakan dari 100 bata akan menghasilkan gabah sebanyak 8 kwintal.
Sedangkan tujuan digelarnya syukuran ini adalah agar petani lebih semangat lagi menggarap sawahnya serta mudah-mudahan bisa dicontoh oleh petani didaerah lain khususnya wilayah Kota Tasikmalaya dalam meningktakan produksi padinya.
Kordinator Fungsional Dinas Pertanian Kota Tasikmalaya Eli Surahman, SP. dalam sambutannya mengatkan lahan pertanian di kota tasikmlaya saat ini sangat berkurang karena alih fungsi oleh pembangunan-pembangunan danĀ  disisi lain jumlah penduduk juga meningkat serta kebutuhan pangan meningkat. Jadi harus ada upaya dalam bidang pertanian untuk menghasilan hasil pertanian supaya lebih meningkat.
Pada intinya dalam pertanian harus kompak dalam penanganan dan pengolahan, kata Eli Wakil Walikota Tasikmalaya Ir.H.Dede Sudrajat, MP dalam sambutannya mengatakan bahwa sangat mengapresiasi kegiatan ini dan bangga bahwa kelompok tani mekarsari bisa melaksanakan panen raya padi yang cukup lumayan dan juga mengadakan lomba tumpeng serta menampilkan makanan dari hasil panen ubi-ubian kelompok tani mekarsari Kel.Nagarasari. Kebersamaan dan kekompakan dalam mengelola pertanian harus di pertahankan dan kalau bisa ditingkatkan lebih baik.
Terkait masalah alih pungsi lahan pertanian khususnya sawah teknis karena pembangunan Pemkot berupaya melalui OPD terkait agar lebih selektif dalam memberikan ijin, pungkas H.Dede. >>Iin. Kartiwan

Leave a comment