mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

PMI Kediri Terima Mesin Putar Darah

Published on May 12 2012 // Nusantara

Kediri,(MR)
PALANG Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kediri menerima bantuan pengadaan peralatan medis berupa blood refrigerated centrifuge machine (mesin putar darah berpendingin) dari Pemerintah Jepang yang disalurkan melalui Konjen (Konsulat Jenderal) Jepang di Surabaya.
Penyerahan peralatan tersebut dilakukan di Markas PMI Kabupaten Kediri yang beralamatkan di Jl.Dr.Wahidin Sudiro Husodo No. 2 Pelem, Pare. Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Kediri, Wakil Konjen Jepang di Surabaya, Presiden dan Anggota Rotary Club Surabaya serta undangan dari PMI Kabupaten dan Kota di sekitar Kediri.
Kepala PMI Kab.Kediri, AR.Purmadi dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Jepang yang telah membantu pengadaan peralatan medis berupa mesin putar darah berpendingin, Dia berharap semoga dengan bantuan ini pelayanan PMI Kab. Kediri semakin baik.
Sementara itu, Presiden Rotary Club Surabaya, Frans Setio Yuwono menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Jepang yang telah memberikan kepercayaan kepada Rotary Club untuk menyalurkan bantuan ini kepada beberapa PMI di Jawa Timur. “Rotary Club sebagai lembaga yang bergerak di bidang kemanusiaan sangat bangga karena dipercaya oleh Pemerintah Jepang untuk  menyalurkan bantuan mesin putar darah berpendingin untuk unit tranfusi darah PMI di 4 kabupaten/kota di Jawa Timur (Madiun, Tulungagung, Kediri dan Tuban),” tuturnya.
Dalam kesempatan yang sama, Wakil Konjen (Konsulat Jenderal) Jepang di Surabaya, Tetsuro Taniuchi menyampaikan, bahwa Pemerintah Jepang melalui Konjen (Konsulat Jenderal) Jepang di Surabaya, kembali menyalurkan bantuan hibah keamanan manusia dengan total dana hibah sebesar Rp.3,3 miliar. Dana tersebut disalurkan kepada empat proyek di bidang pendidikan, kesehatan, sosial dan kemasyarakatan.
“Pemberian bantuan dana hibah ini merupakan program tahunan pemerintah Jepang dalam membantu meningkatkan kesejahteran masyarakat di Indonesia, terutama pada tingkat grassroot. Dengan adanya bantuan ini, diharapkan hubungan kerjasama antara Jepang dan Indonesia dapat terjalin semakin baik,” jelasnya.
Bupati Kediri, dr.Hj.Haryanti Sutrisno melalui Sekretaris Daerah, Supoyo menyampaikan selamat datang kepada wakil Konjen Jepang di Kab. Kediri. Selain itu, Bupati Haryanti juga menyampaikan terima kasih atas bantuan peralatan yang diberikan. “Semoga alat putar darah berpendingin yang dapat memisahkan darah lengkap menjadi plasma, red pack cell dan trombosit dalam waktu cepat ini bisa mendukung pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat,”  imbuhnya. >> Omn/Sur/Hm

Leave a comment