mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Petani Sidadadi Haurgeulis Butuh Bantuan Saprotan dan Alsintan

Published on Sep 22 2016 // SosEkBis

petaniIndramayu, (MR)
SANUSI, (42), seorang petani penggarap tanah sawah eks. Pangonan Desa Sidadadi Kecamatan Huargeulis Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat, mengaku sudah beberapa Musim Tanam (MT) dapat bercocok tanam Budidaya Padi sampai tiga kali. Walaupun, areal tanah sawah eks. Pangonan ini tadah hujan, sehingga dalam mengolah lahan pertanian menggunakan mesin Pompa Air, katanya.

Menurutnya, para petani penggarap tanah sawah eks. Pangonan di Desa Sidadadi ini menanggung beban biaya produksi pertanian yang cukup memberatkan, soalnya status tanah sawah yang tadah hujan membuat masyarakat petani harus mengeluarkan anggaran kusus operasional mesin Pompa Air untuk pendistribusian air dari Sungai Pembuangan (SP) ke areal persawahan kecuali musim hujan.

Sebab itu, untuk meringankan beban biaya produksi Budidaya Padi, para petani penggarap tanah sawah eks. Pangonan di Desa Sidadadi, mengharapkan Kementrian Pertanian dan Peternakan (Kementan) dan Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Indramayu, segera menyalurkan bantuan Sarana Produksi Pertanian (Saprotan) dan Alat Produksi Pertanian (Alsintan), ujar Sanusi, Jumat.

Memang kami sering mendapatkan informasi jika Distanak melalui UPTD Pertanian dan Peternakan Haurgeulis, membagikan bantuan Saprotan dan Alsintan, tetapi selama beberapa tahun terakhir ini, kami sebagai petani penggarap tanah sawah eks. Pangonan di Desa Sidadadi, belum pernah mendapat bantuan Saprotan dan Alsintan, padahal bantuan tersebut sangat di butuhkan para petani, paparnya.

Meskipun begitu, sangat disayangkan hingga berita ini diterbitkan, Media Rakyat belum dapat menghubungi Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Desa Sidadadi, Kepala Distanak Indramayu dan Kepala UPTD Pertanian dan Peternakan Haurgeulis, terkait keterangan masyarakat petani penggarap tanah sawah eks. Pangonan tersebut, yang mengharapkan bantuan Saprotan dan Alsintan. >>Mukromin/A Samsuri

Leave a comment