Pertemuan Pengurus Mpig Aren Hutan Jabar dan Forum Komunikasi Aren Hutan Jawa Barat

ProdukKab. Tasikmalaya, (MR)
Produk Komoditi Aren merupakan produk langka yang banyak terdapat di Kabupaten Tasikmalaya, melihat peluang tersebut sudah sepantasnya Kabupaten Tasikmalaya  menjadi pemimpin pasar produk olahan aren di Indonesia bahkan di pasar internasional. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya selaku Pelaksana Tugas Sehari-hari Bupati Tasikmalaya Drs.H.abdul Kodir, M.Pd., yang juga sebagai Ketua Umum Pengurus Masyarakat Perlindungan  Indikasi Geografis (MPIG) Aren Hutan Jawa Barat pada acara Pertemuan Pengurus Mas yarakat Perlindungan  Indikasi Geografis (MPIG) Aren Hutan Jawa Barat dan Forum Komunikasi  Aren Hutan Jawa Barat bertempat di Rumah Makan Lekker Cudok Cihaurbeti Kabupaten Ciamis.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Kepala Balai Pengolahan, Pengawasan dan Pengendalian Hasil Hutan Provinsi Jawa Barat  Ir. H. Setra Yuhana  MM, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Tasikmalaya Drs. H. Heri Sogiri, MM, sejumlah akademisi dari perguruan tinggi anggota  Forum Komunikasi Aren Hutan Jawa Barat, dan para tamu undangan lainnya.

Pertemuan tersebut membahas rencana strategis MPIG dalam mempercepat terwujudnya produksi olahan MPIG yang diakui dunia dengan membentuk susunan pengurus MPIG dan penyusunan company Profile yang melibatkan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dan unsur perguruan tinggi yang hasilnya akan dipresentasikan ke Tingkat Provinsi Jawa Barat dan Kementerian Kehutanan RI.

Sementara itu Kepala Balai Pengolahan, Pengawasan dan Pengendalian Hasil Hutan Provinsi Jawa Barat  Ir. H. Setra Yuhana  MM dalam arahannya antara lain mengatakan Potensi aren di Jawa Barat ada di Kabupaten Tasikmalaya yang tersebar di 31 Kecamatan khususnya di wilayah Kecamatan Bojonggambir, jika serius dikembangkan bukan tidak mungkin produk olahan aren dari Jawa Barat akan polpuler setingkat dengan produk kopi Java  Preanger yang telah mendunia, untuk itu menurutnya semua unsur yang terlibat dalam kepengurusan MPIG harus secara nyata memberikan kontribusi susuai dengan kompetensinya masing-masing.

“Jika berjalan lancar, melalui MPIG Jawa Barat akan berani memproklamirkan diri sebagai penghasil produk olahan aren terbaik di Indonesia” Ujar Setra.

Setra menambahkan, Prod uk aren yang akan dikembangkan dan pantas menjadi unggulan adalah Nila aren, gula cetak, gula cair, atanol, furniture, herbal, dan kecantikan. (HMS) >>Iin K / Widayanti

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.