mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Perkuat SDM, BPKAD Natuna Lakukan Bintek

Published on Aug 27 2016 // Ragam

Suasana Bimtek Tata Usaha Keuangan Oleh BPKADNatuna, (MR)
Untuk kesekian kalinya, Badan pengelola Keuangan dan aset Daerah melaksanakan pelatihan Bintek, bimbingan teknis Tata Usaha Keuangan Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna tahun 2016. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari di gedung Sri Serindit ranai.

Dalam kegiatan tersebut membahas tentang penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggung jawaban, dan pengawasan keuangan daerah , diseluruh lingkup SKPD Pemerintah Kabupaten natuna, terutama bagian keuangan.Acara Dibuka secara resmi oleh Asisten II Bagian Ekonomi Dan Pembangunan Kabupaten Natuna, Izwar Asfawi, dan diisi oleh fasilitator atau narasumber dari Kementerian Dalam Negeri, Achyar, Kasubdit Pelaksana Dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah Wilayah III.

Sebagai pelaksana kegiatan, Kepala BPKAD Kabupaten Natuna Tasrif dalam laporannya yang dibacakan oleh Kabid Perbendaharaan  BPKAD Kabupaten Natuna, Ikhwan Solihin menyebutkan, tujuan pelaksanaan kegiatan ini merupakan implementasi pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah yang taat pada peraturan perundang – undangan, efisien, ekonomi, efektif, dan transparan untuk mencapai suatu tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

“Adanya kejelasan peran dan pertanggungjawaban pengelola keuangan daerah, tersedianya sistem dan prosedur keuangan, keterbukaan dalam perencanaan pelaksanaan dan pelaporan anggaran, dan adanya jaminan akuntabelitas keuangan atas kebijakan daerah yang baik dan benar, serta tepat sasaran dalam tahap perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan pertanggung jawaban anggaran,” demikian bunyi laporan Tasrif yang dibacakan Ikhwan Solihin.

Dasar pelaksanaan kegiatan bimtek tersebut mengacu pada Peraturan Pemerintah nomor 58 tahun 2005 tentang pengelolaan keuangan daerah, Permendagri nomor 13 tahun 2006 sebagaimana telah diubah terakhir dengan Permendagri nomor 21 tahun 2011 tentang pedoman pengelola keuangan daerah.

Kegiatan ini juga dilandasi Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Natuna nomor 6 tahun 2013 tentang pokok-pokok pengelola keuangan daerah, Perda nomor 01 tahun 2016 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Natuna tahun anggaran 2016, Perbup Natuna nomor 12 tahun 2016 tentang penjabaran anggaran Pendapatan dan belanja daerah Natuna tahun 2016

Sementara itu dalam sambutannya Asisten II Bupati, Izwar Asfawi, berpesan kepada seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan tersebut dengan serius dan tidak malu untuk bertanya kepada narasumber kegiatan agar kegiatan yang dilaksanakan semua SKPD tidak menyalahi aturan.Ini sangat penting, jadi mari Kita laksanakan kegiatan ini dengan sungguh-sungguh. Tak usah malu untuk bertanya, mumpun para narasumber yang ahli dalam bidang ini ada di Natuna. Mari kita curi ilmunya demi kebaikan administrasi keuangan Daerah kedepannya.
Izwar juga menyampaikan permohonan maafnya lantaran waktu kegiatan tersebut sempat molor dari jadwal karena Bupati Natuna A.Hamid Rizal yang seharusnya dapat membuka secara resmi kegiatan tersebut tidak dapat hadir dikarenakan kedatangan tamu dari TNI AD, sehingga dirinya yang menggantikan.

”Seharusnya Bapak Bupati yang buka, makanya kegiatan ini agak molor”, tapi karena ada Tamu dari TNI, terpaksa Saya diamanahkan untuk membuka.Peserta dari kegiatan tersebut melibatkan Pejabat Penatausahaan Keuangan ( PPK ) SKPD, Staf PPK SKPD, bendahara pengeluaran SKPD dan Staf di BPKAD sebagai pendamping pengelolaan keuangan. >>Roy

Leave a comment