Peringatan HAB Kementrian Agama Ke 70 Tingkat Kabupaten Karawang Tahun 2016

Pj. Bupati Karawang Ir. Deddi Mulyadi, saat menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Amal Bhakti Kementrian Agama Ke 70 Tingkat Kabupaten Karawang Tahun 2015Karawang, (MR)
Kementrian Agama lahir di tengah kancah revolusi membela kemerdekaan dan meruntuhkan sendi-sendi penjajahan. Kementrian agama hadir sebagai penjelmaan cita-cita dan kepribadian bangsa Indonesia yang religius. Eksistensi Kementrian Agama merefleksikan “Hadirnya Negara” untuk memberi jaminan terhadap kehidupan beragama dan kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya dan untuk beribadah sesuai keyakinan yang dianutnya.

Negara Kesatuan Republik Indonesia sekalipun bukan Negara Agama, namun bukanlah Negara Sekuler yang memisahkan agama dari kehidupan bernegara. Negara melalui Kementrian Agama memfasilitasi pelayanan keagamaan bagi setiap warga negara secara adil dan proporsional, seperti pelayanan pencatatan nikah, talak dan rujuk, peradilan agama, pendidikan agama, penerangan agama, pelayanan ibadah haji serta pembinaan kerukunan antar umat beragama.

Penjabat Bupati Karawang saat membacakan amanat Menteri Agama Republik Indonesia menyampaikan bahwa, peringatan Hari Amal Bhakti Kementrian Agama membawa pesan kepada semua masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan supremasi nilai-nilai ketuhanan dan keagamaan sebagai spirit pembangunan bangsa yang tidak dapat tergantikan.

Selanjutnya, seiring perubahan masyarakat yang sangat dinamis dalam lingkup nasional dan global. Fenomena liberalisme, matrealisme dan ekstrimisme yang merusak ke dalam tatanan kehidupan bangsa bila tidak diantisipasi bisa menjadi ancaman terhadap kehidupan beragama, ketentraman keluarga dan stabilitas masyarakat. Maka strategi pembangunan bidang agama dan pembinaan kerukunan antar umat beragama diarahkan pada upaya membina, melindungi, melayani, dan memberdayakan umat beragama serta mendukung kegiatan keagamaan.

Terakhir dalam sambutannya Menteri Agama Republik Indonesia berharap, peringatan Hari Amal Bakti dapat memperkuat komitmen aparatur Kementrian Agama terhadap integritas, etos kerja dan gotong royong di era revolusi mental sekarang ini dengan mewujudkan lima nilai budaya kerja kementrian agama, yaitu integritas, profesionalitas, inovatif, tanggung jawab dan keteladanan, karena setiap pejabat birokrat hakikatnya adalah pamong, khadim dan struktur budaya kolonial dan feodal. Maka mari memupuk idealisme dan semangat bekerja, mengasah modal intelektual, kepekaan social, memperkokoh persaudaraan dan penghayatan spirit ikhlas beramal sebagai landasan keluhuran kerja, dan tunjukan keprofesionalan serta keteladanan dalam bekerja sebagai ibadah.

Upacara Peringatan Hari Amal Bhakti mengambil tema “Meneguhkan revolusi mental untuk Kementrian Agama yang bersih dan melayani”, acara tersebut bertempat di Lapangan Karangpawitan, pada Minggu (3/1) turut menghadiri acara tersebut Penjabat Bupati Karawang, Sekda Kabupaten Karawang serta para asisten dan staf ahli, unsur Musipda Kabupaten Karawang, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Karawang beserta jajarannya, serta seluruh kepala OPD Kabupaten Karawang.

Dalam laporannya Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Karawang H. Sopian, S.Pdi, M.Si menyampaikan bahwa, upacara peringatan Hari Amal Bhakti ini dipadukan dengan pencanangan Hari Santri Nasional tanggal 22 Oktober, serta penyerahan bantuan zakat pendapatan/profesi kepada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Karawang dari Penjabat Bupati Karawang, Ketua DPRD Kab. Karawang, Sekertaris Daerah Kab. Karawang, Kepala Kantor Kementrian Agama Kab. Karawang beserta Kasubag TU dan para kepala seksi.

Selanjutnya penyerahan bantuan dari pihak swasta kepada RA berperstasi atas Operator terbaik dan Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Karawang berupa laptop, KUA berprestasi Kec. Jayakerta berupa Kulkas, Siswa berprestasi dari MAN Karawang berupa tabungan. Penyerahan sertifikat akreditasi Madrasah MI dan MTs (MIN Tanjungpura dan MTsN Rawamerta). Dan terakhir penyerahaan hadiah kejuaraan cabang olahraga badminton tingkat Kab. Karawang dari Kemenag Karawang kepada Juara I Seksi PD. Pontren, Juara II MTsN Karawang, Juara III MTsN Cilamaya. >>Warsiyan

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.