mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Perekonomian, Pertahanan Dan Keamanan, Jadi Topik Utama, Dalam Dialog Kebangsaan.

Published on Mar 28 2018 // Natuna Membangun

 

Natuna (MR)-Jaringan Jurnalist Indonesia (JJI),untuk kelima kalinya , bersama komunitas muda Natuna, menggelar Saresehan Dialog Kebangsaan.

Menurut Riky , Dialog Kebangsaan hari ini ,diikuti 100 peserta . 50 dari kalangan mahasiswa dan sisanya, merupakan penggiat ekonomi Natuna.

Kordinator JJI, Riky mengatakan, giat hari ini, menghadirkan Tiga narasumber , dari unsur pemerintah daerah, TNI dan Polri.ucapnya saat ditemui di sela-sela acara sarasehan, bertempat di hotel Natuna Ranai Darat.28/03/2018.

Bertemakan kupas Posisi Strategis Natuna Dalam Kaitan Pembangunan Aspek Ekonomi Dan Pertahanan Keamanan Di Pulau Terdepan NKRI.menjadikan acara ini sangat menarik untuk dibahas.

“Dari ketiga narasumber , kita meminta mereka menjelaskan kepada para peserta , apa yang telah dilaksanakan oleh pemerintah pusat kepada Natuna khususnya.

Adapun Narasumber Kita kali ini, adalah Letkol laut (P) Harry setiawan, S.E Danlanal ranai, kapolres Natuna AKBP.Nugroho Dwi Karyanto,S.I.K serta dari unsur pemerintah daerah.

Pemaparan para narasumber, kepada masyarakat sangat penting, tentang keberhasilan Pemerintah Pusat, menjadikan Natuna sebagai wilayah pertahanan dan keamanan. Seharusnya dapat bersinergi untuk meningkatkan perekonomian kerakyatan.

Hal itu sudah terbukti, dengan berdirinya, pusat pelelangan ikan terpadu di Selat lampa, adanya jaringan komunikasi sarana irigasi dan listrik sudah di rasakan rakyat Natuna.
“Pemahaman inilah, dinilai perlu disampaikan kepada masyarakat untuk di kembangkan, oleh para peserta saresehan. Selain dijadikan daerah pertahanan , tingkat perekonomian harus dikuatkan, biar sejalan ucap Riky.

Selain itu, 50 mahasiswa yang hadir kali ini, diharapkan dapat memberikan masukan kepada mahasiswa lain, dengan membentuk kelompok di perguruan tinggi masing masing.Kegiatan kali ini, dapat dijadikan. untuk membuat sebuah makalah, bagi mahasiswa.

Harapan Kami,kedepan acara seperti ini, minta dukungan dari Pemerintah Daerah. Secara moril, emang ada dukungan, tapi secara pinancial belum pernah dibantu.Pada hal kegiatan ini sudah yang kelima kami laksanakan. Ujar Riky.

Sementara itu, Kepala Dinas Bakesbangpol, dalam sambutannya, mengatakan permohonann maaf ,Bupati tidak dapat hadir karena ada kegiatan. Saya sangat mengapresiasi sarasehan kebangsaan ini.Karena merupakan nawa cita Presiden.

Tanpa di sadari Kita sudah membahas kemajuan Natuna 20 tahun ke depan .Siapa nanti yang bisa menikmati itu?iya anak muda sekarang ini.

Natuna ini idelologi Negara Asean.Kenaoa?, Dari 10 negara ASEAN, Natuna berbatasan langsung dengan 6 Negara ,dan diapit 2 Benua, dan 2 Samudra.

Tahun ini, Pemerintah sudah membuat TIC , guna mendukung kunjungan wisata asing.Berbagai kegiatan dilakukan Dinas parawisata , agar Natuna lebih dikenal di mata dunia.

Di Natuna ada beberapa ancaman non militer yang masuk lewat teknologi medsos, kisruh lewat politik, kesenjangan ekonomi, harus kita antisipasi bersama.

Coba Kita lihat , banyak kegiatan Pemerintah dapat ditonjolkan , tapi yang nampak buruknya saja.Belum lagi narkoba miras yang dapat merusak generasi anak bangsa.

Pemerintah daerah telah mengupayakan, agar BNNK segera dibentuk dan dibangun di Natuna, guna mengantisipasi masuknya narkoba .semua ini demi Natuna lebih baik lagi,ucapnya.

Muttaqin selaku penggerak Komuna saat ditemui di hotel Natuna mengatakan, diharapkan dengan kegiatan sarasehan,dapat menambah inspirasi bagi kawula muda. Hari ini Natuna ,ditetapkan Bapak Presiden menjadi kawasan Pertahanan dan Keamanan.Untuk menunjang itu harus di perkuat dengan perekonomiannya.

Hari ini, kita ingin melakukan sinergiritas, bagaimana meramu, agar tolak ukur ekonomi bisa sejalan. Hingga tumbuh dan berkembang dengan baik.

Kiranya lewat sarasehan apa yang jadi persoalan d tengah masyarakat kita cari solusi, untuk membangun Natuna lebih baik lagi.

Program Presiden RI, Joko Widodo,membangun dari pinggiran, harus Kita dukung bersama.Dengan cara mendorong pemerintah daerah, agar bersama sama menyambut program itu. Apalagi orang no 1 di Indonesia itu, sudah memprioritaskan 5 pembangunan di Tengah Negara Asean ini.

“Ada 5 aspek percepatan pembangunan di canangkan Bapak Jokowi. Kiranya para menterinya, dapat melaksanakan amanah itu dengan baik”.

Harapannya , anak muda Natuna bisa membuka peluang ekonomi kreatif dan kemandirian, untuk daerah ini.

Dan untuk semua lapisan masyarakat bisa menentukan sikap , dalam menanggapi seluruh program Pemerintah Pusat .

Kita semua bisa andil dalam mengisi pembangunan didaerah ,sesuai kemampuan , baik secara kelompok maupun individu” .
Turut hadir dalam acara itu, Kepala Bakesbangpol,Ahmad Muktar, Anggota DPRD Natuna Henri FN(Jak) Ketua APINDO.Cucu.Kader bela Negara, Pengusaha besi Tua dan Indonesia mengajar.

Ucapan Terimakasih kami ucapkan Kepada Pemerintah Pusat atas perhatiannya selama ini. /Roy.

Leave a comment