mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Perda Telah Ditetapkan Tapi Rincian Kenaikan Tunjangan Masih Kabur

Published on Oct 04 2017 // Berita Utama

Bintuni, (MR) – Meskipun Raperda tentang hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD Teluk Bintuni telah ditetapkan bersama  dua hari lalu, namun hingga saat ini Rincian mengenai kenaikan Tunjangan Segenap Pimpinan dan Anggota DPRD Masih belum Jelas. Sesuai dengan hasil wawancara sejumlah Pejabat berkompeten belum ada jawaban pasti berapa persentase maupun rincian kenaikan tunjangan Anggota DPRD kedepan.

Seperti yang disampaikan Kepala Badan Keuangan Dan Aset Daerah teluk Bintuni Ali Ibrahim Bauw mengatakan, Sesuai dengan tuntutan aturan diakui mau tidak mau daerah harus mengakomodir namun hal ini tentunya disesuaikan dengan kemampuan daerah. Kita masih akan melakukan pembahasan, dan yang menentukan rinciannya itu nanti melalui peraturan Bupati, kalau diperda hanya secara global, namun persnetasenya saya belum bisa memastikan katanya.

Ditanya soal rincian besaran nilai Ali Bauw juga mengaku masih belum jelas seperti apa formulasinya, hal ini tentunya masih akan dibahas lagi secara mendalam oleh tim TAPD dan Bupati.  Sementara itu kepala bagian Hukum Sekertariat daerah Mesak Pasali mengatakan untuk rincian kenaikan tunjangan itu akan disesuaikan dengan UU dan keuangan daerah, namun yang berkaitan dengan tunjangan perumahan dan transportasi itu akan ditindaklanjuti dan beberapa pasal lainnya dalam peraturan Bupati.

Namun dalam PP No 18 tahun 2017 ini juga dijelaskan, besar kecilnya kenaikan Tunjangan pimpinan dan Anggota DPRD akan dikelasifikasikan dalam kemampuan keuangan daerah mulai dari kelompok tinggi, Sedang dan Rendah. Namun sangat dimungkinkan DPRD Teluk Bintuni akan berada pada klasifikasi tunjangan tinggi jika dilihat dari potensi pendapatan Daerah. >>HS

Leave a comment