Perbaiki Mutu Pendidikan, Gencar Lakukan Pelatihan Dinas Pendidikan Natuna Semakin Berbenah

Natuna, (MR)

Semenjak banyaknya soro-tan tajam kepada Dinas Pendi-dikan Natuna, terkait butuh dilakukannya peningkatan mutu pendidikan, Dinas Pendi-dikan kabupaten Natuna terus berbenah guna memperbaiki citra buruk di instansi itu. Berbagai pelatihan terus digelar untuk meningkatkan mutu dan kwalitas guru maupun murid.

Pekan lalu Dinas Pendidi-kan Kabupaten melakukan kegiatan di 6 tempat yang berbeda. Salah satu kegiatan seminar bertempat di Gedung Roni Rinaldo. Sejumlah Guru SD dari 12 kecamatan hadir dalam acara itu guna mengikuti seminar 5 hari tentang UKS. Tujuan diselenggarakan pelati-han UKS secara umum untuk meningkatkan mutu Pendidikan dan prestasi belajar, dengan meningkatkan prilaku anak didik, baik dirumah maupun dilingkungan sekolah, yakni hidup bersih dan sehat.

Haryono S.sos salah satu narasumber yang hadir pada saat itu, sangat serius memberi-kan penjelasan tentang penting-nya penerapan UKS kepada siswa. Berbagai pertanyaan pun dilontarkan kepada peserta, guna memperluas wawasan guru-guru. Para peserta terlihat sedikit tegang. Kendati demi-kian Haryono terus memberikan pencerahan agar suasana nor-mal kembali.

Dalam kesempatan ini, kita mendatangkan 4 narasumber dari kementerian kesehatan, dalam Negeri, Pendidikan. Namun salah satu dari nara sumber kita tidak dapat hadir kata Nasria S.si Panitia Pelak-sana kegiatan. Ia mengatakan kegiatan ini tidak dapat diikuti terus oleh Kadis pendidikan dikarenakan hari ini ada 6 kegiatan dilaksanakan di Natuna. Beliau sangat sibuk.

Nasria menerangkan, ada sekitar 76 orang peserta dari berbagai kecamatan yang ada di Natuna, hadir dalam acara UKS ini. Semuanya diambil dari Guru SD. Untuk SMP dan SMA, tahun kemarin kita sudah laksanakan, makanya tahun ini kita fokuskan untuk tingkat SD saja. Semua yang hadir saat ini pesertanya guru SD.

Diakuinya, tidak semua sekolah SD hadir jadi perwa-kilan. Kita hanya memanggil perwakilan dari sekolah yang sudah ada Gedung UKS nya. Mudah mudahan tahun depan peserta semakin meningkat, mengingat tahun ini, sudah banyak gedung UKS dibagun Pemerintah daerah. Karena aca-ra ini akan kita jadikan rutinitas setiap tahunnya. Acara kita laksanakan selama 5 hari dengan nara sumber beda.

Segala yang timbul dari kegiatan ini, dibebankan kepada APBD Natuna, artinya seluruh biaya kegiatan ditanggung Pemerintah melalui SKPDnya. Mulai dari akomodasi peserta, uang makan, penginapan serta transportasi diberikan oleh Pemerintah. Nanti diakhir kegia-tan, para peserta yang mengi-kuti kegiatan selama 5 hari, akan mendapatkan sertifikat, Mudah-mudahan dengan adanya kegi-atan ini, dapat bermanfaat bagi Guru, untuk diterapkan kepada siswanya. Sehingga Pemerintah daerah tidak sia-sia mengeluar-kan uang demi perkembangan mutu pendidikan. >>Roy

 

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.