mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Pemkot Tasik Peringati Hari Bhakti Kemenag Ke-66

Published on Jan 10 2012 // Nusantara

Kota Tasikmalaya,(MR)

Di Halaman Balekota Jl.Letnan Harun No.1 Kemen-terian Agama Kota Tasikma-laya dilaksanakan Apel gabu-ngan dalam rangka hari Amal Bhakti Kementerian Agama yang ke-66 tingkat Kota Tasikmalaya dengan pembina upacara Walikota Tasikmalaya Drs.H. Syarif Hidayat M.Si serta melibatkan kompi KORPRI, Pol PP, KUA, IGRA dan dihadiri Wakil Walikota Ir.H. Dede Sudrajat MP, Sekda Drs.H. Tio Indra Setiadi, Ketua TP-PKK, Dharmawanita serta Muspida.

Kepala Kemenag Kota Drs.H.Ahamad Fatoni M.Ag dalam laporan kegiatan me-nyampaikan bahwa hari ini pada 66 tahun yang lalu merupakan lahirnya kantor Kementerian Agama yang berdampak pada bagi jati diri bangsa dimana agama dijadikan berbagai rujukan pertimbangan bahkan dalam pancasila menjadi sila pertama.

Hari amal bhakti merupakan momentum penting untuk mela-kukan evaluasi dan instros-peksi untuk terus meningkatkan kinerja sebagai bentuk pengab-dian. Ahmad Fatoni menyam-paikan tujuan kegiatan selain peringatan juga merektualisasi nilai perjuangan bidang kea-gamaan, menjadikan self asses-ment dan mengevaluasi untuk kemajuan bangsa dan negara.

Walikota yang bertindak sebagai pembina upacara membacakan sambutan Menteri Agama R.I berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab besar Kementerian Agama sangatlah tepat tema yang diangkat pada peringatan Hari Amal Bakti tahun ini, yaitu “Memperteguh Komitmen untuk Membangun Kemente-rian Agama yang Bebas dari Korupsi,”. Tema ini menegaskan kembali bahwa seluruh jajaran Kementerian Agama harus senantiasa berupaya untuk meraih kinerja dan reputasi terbaik, menciptakan aparatur yang berakhlak dan berinteg-ritas tinggi, serta tidak memberi peluang dan celah bagi muncul-nya penilaian rendah dari ma-syarakat terhadap institusi dan aparatur Kementerian Agama.

Lebih jauh dibacakan Aparatur Kementerian Agama dimanapun haruslah dapat mengimplementasikan nilai-nilai keikhlasan dalam sikap, perbuatan, kepemimpinan dan setiap keputusan yang diambil. Kementerian Agama dengan substansi tugas dan fungsinya yang berkembang seiring dengan perkembangan masya-rakat memerlukan dukungan aparatur dan kepemimpinan yang handal, profesional, amanah dan berkarakter pada semua unit satuan kerja di pusat dan daerah.

Sebagaimana kita ketahui, ada empat tugas dan fungsi yang dikelola oleh Kementerian Agama, yaitu peningkatan kualitas kehidupan beragama, peningkatan kualitas kerukunan umat beragama, peningkatan kualitas pendidikan agama, pendidikan keagamaan, serta madrasah dan perguruan tinggi agama dan peningkatan kualitas penyelenggaraan ibadah haji. Untuk menciptakan suasana kerja yang kondusif di lingku-ngan Kementerian Agama, memelihara hubungan kerja yang harmonis secara vertikal dan horizontal serta menjauhi persaingan tidak sehat yang dapat merusak sistem dan budaya organisasi.

Diakhir Acara diberikan penyerahan sertifikat Tanah Wakaf, santunan 100 siswa/i, santunan untuk 115 karyawan honorer di Kemenag dan 150 al-Quran dari Qatar Cariti kepada kepala kantor Kemenag. >> H. Ade Dimyati

Leave a comment