Pemkab Purwakarta Siapkan 5 Milyar Untuk Honor Perangkat Desa

Bupati 2Purwakarta, (MR)
Para Ketua Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW) dan seluruh perangkat desa mendapat insentif dari Pemkab Purwakarta. Bupati Purwakarta, H Dedi Mulyadi,SH mengatakan kepala pemerintahan ditingkat bawah itu telah mendapat insentif dari pemkab sebagai jasa pengabdiannya. Biasanya, mereka dibayar per tiga bulan sekali. Tapi, tahun ini pembayarannya dilakukan per bulan.

Hari ini, kami bayarkan honorarium untuk Januari-Februari. Untuk insentif bulan Maret, akan dibayarkan pekan depan, ujar Dedi dirumah dinasnya dalam posisi santai, Jumat lalu. Adapun besaran honor untuk kepala pemerintahan tingkat bawah ini, sebut Dedi, ketua RT sebesar Rp 500 ribu dan Rp 525 ribu untuk Ketua RW. Untuk sistem pembayarannya, dilakukan oleh masing-masing desa dan diawasi pemkab.

Tak hanya ketua RT, pencairan honor inipun dirasakan para pengurus ditingkat desa lain termasuk Bamusdes, dan kepala Dusun. Adapun besaran honor untuk perangkat desa sekitar Rp 1,25 juta per bulan. Sedangkan honor untuk Kepala Desa, sebesar Rp 2,6 juta.

Dedi mengatakan, anggaran untuk honorarium perangkat desa ini bersumber dari APBD. Untuk pembayaran honor dua bulan ini, alokasi anggaran yang disiapkan mencapai Rp 5 miliar. Menurut dia, program ini merupakan bentuk apresiasi pemkab terhadap pengurus di pemerintahan tingkat bawah. Mereka ujung tombak pemerintah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Dan tanpa mereka pemerintahan tak akan berjalan dengan maksimal.

Dedi menambahkan, dengan adanya insentif ini pihaknya berharap kinerja para aparatur tingkat bawah ini lebih meningkat. Dedi pun menyiapkan ancaman, jika kinerja tak sesuai harapan, maka gaji tak akan diturunkan selama setahun.

Mereka harus lebih peka. Jangan sampai ada warga sakit, bupati tahu dari wartawan. Kalau sampai ada yang seperti itu, gaji mereka tak akan diberikan, tegas dia. Terkait jumlah aparatur desa, sambung Dedi, diwilayah kerjanya ada sebanyak 3.238 Ketua RT, 1.059 Ketua RW dan 475 Kepala Dusun. Selama ini, mereka mendapatkan insentif dari pemkab yang biasa diberikan per tiga bulan. >>AJ

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.