Pemkab Karawang Gelar Peringatan Hari AIDS Sedunia

Karawang, (MR)

Sebagai Upaya untuk meningkatkan pemahaman, Komitmen dan kepedulian seluruh masyarakat, termasuk pelaku dunia usaha untuk bersama-sama berpartisipasi dalam Penanggulangan HIV/Aids secara terpadu dan berkesinambungan dalam rangka menekan laju epidemi HIV Aids di Indonesia, Pemerintah Kabupaten Karawang bersama Komisi Penanggulangan HIV/Aids (KPA) Karawang serta komponen masyarakat, PNS, Pelajar se Kabupaten Karawang menggelar Peringatan Hari Aids Sedunia di Lapang Karangpawitan, Kamis (1/12).

Dalam Laporannya Ketua Umum KPA Karawang yang juga Wakil Bupati dr.Cellica Nurachadiana mengatakan bahwa Hari Aids Sedunia ini berdasarkan Peraturan Presiden No. 75 tahun 2006 tentang Komisi Penanggulangan Aids Nasional dengan tujuan untuk mengkampanyekan pentingnya penanggulangan HIV/Aids didunia kerja sebagai bagian dari perlindungan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) menghingat bahwa kebih dari 85 % para pengidap HIV adalah usia Produktif, melalui Peringatan ini menurut Cellica diharapkan Pelaku Dunia usaha tidak lagi melakukan stigma dan diskriminasi terhadap orang terkena HIV dan Aids. Ucapnya.

Lebih lanjut Cellica melaporkan bahwa Peringatan ini pula dipadukan dengan Pelepasan Atlit Porpemda VII yang akan berlaga pada tanggal 2 s.d 5 Desember di Kota Ceribon dan Karawang mengirimkan Kekuatan dengan jumlah peserta sebanyak 131 orang, dan Cellica berharap dan mohon doa dan dukungan semoga atlit Karawang mendapatkan prestasi yang terbaik dan dapat mengharumkan nama Karawang.

Bupati Karawang H. Ade Swara dalam amanatnya menyampaikan bahwa sejalan dengan tema peringatan hari Aids sedunia tahun ini  mengandung makna  bahwa upaya mengatasi epidemi HIV dan Aids di Indonesia termasuk di Kabupaten Karawang akan lebih berhasil bila semua komponen masyarakat bersatu dalam upaya penanggu-langan dan pencegahannya. dalam hal ini dukungan dunia usaha secara keseluruhan sangatlah penting.

Melalui upaya-upaya pencegahan Hiv dan Aids di tempat kerja diharapkan dapat mencegah kerugian akibat dampak HIV dan Aids pada dunia usaha itu sendiri sekaligus memutus salah satu mata rantai Penularan HIV di masyarakat. Kontribusi penting yang dapat dilakukan oleh dunia usaha dalam upaya penanggulangan HIV dan Aids antara lain melalui kebijakan penanggulangan HIV dan Aids di tempat kerja dengan meningkatkan perlindungan pekerja dari virus berbahaya sekaligus untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan  pekerja serta memelihara produktivitasnya. ucapnya

Lebih lanjut Bupati mengatakan bahwa Momentum Peringatan Hari Aids Sedunia ini, diharapakan dapat meningkatkan kewaspadaan, kepedulian serta partisipasi seluruh lapisan masyarakat karawang sesuai dengan tugas, fungsi dan kapasitasnya dalam Pencegahan Penularan HIV/Aids. karena pada hakikatnya  penanganan dan penanggulangan permasalahan yang terkait dengan HIV/Aids, harus benar-benar dilaksanakan lebih optimal lagi, serta perhatian dan partisipasi yang lebih sungguh-sungguh dari segenap elemen masyarat, termasuk sektor dunia usaha yang dipandang memiliki kemampuan untuk turut berperan, terutama dalam bentuk upaya penyuluhan dan penyeberluasan informasi tentang HIV/Aids secara berkelanjutan sehingga dapat menekan laju peningkatannya di Karawang. Pungkasnya.

Peringatan Hari Aids Sedunia Tingkat Kabupaten Karawang ini di ikuti oleh sekitar 1000 peserta yang hadiri oleh Ketua DPRD Karawang H. Tono Bahtiar, unsur Muspida, Para Kepala OPD. pada acara tersebut ditampilkan Testimoni orang dengan HIV/Aids (ODHA), Pemberian Piagam penghargaan bagi Para Penyuluh di Kementrian Agama yang konsisten menanggulangi HIV/Aids, serta menampilkan teatrikal. >>Komarudin

Loading

Related posts