mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Pemkab Halut Bereaksi Cepat Bantu Korban Banjir Mede

Published on Nov 28 2017 // Ragam
Halut, (MR)
Hujan deras yang mengguyur kota Tobelo selama beberapa hari, beberapa waktu lalu, (21/11), membuat sejumlah tempat di wilayah Halut terkena banjir karena debit air yang naik secara drastis dan menggenangi rumah-rumah warga di lokasi tersebut. Yang paling parah yaitu warga yang mendiami bantaran kali Mede di kecamatan Tobelo Utara dimana air yang meluap dari kali tersebut menyapu 8 rumah warga dan salah satunya rata dengan tanah.
Melihat kondisi ini, pemkab Halut, lewat Badan Penanggulangan Bencana Daerah, langsung bereaksi cepat dan menurunkan sejumlah bantuan untuk menyelamatkan warga yang terkena musibah ini. Bupati Halut, Frans Maneri saat berbincang dengan sejumlah awak media di kantor Bupati, beberapa waktu lalu, memaparkan bahwa korban banjir sudah ditangani oleh pihak BPBD dan sudah dilakukan pendataan, mana yang rusak berat, mana yang rusak ringan serta bantuan bahan makanan dan material lainnya yang dibutuhkan oleh warga yang menjadi korban sudah tersalurkan dengan baik.
“Saat mendapat informasi, detik itu juga tim gerak cepat BPBD langsung turun ke lokasi dengan membawa sejumlah bantuan yang menjadi prioritas seperti tenda dan bahan makanan untuk mengamankan warga yang rumahnya hanyut dan rusak. Setelah itu baru dilakukan pendataan dan pembenahan lanjutan agar mereka merasa aman dan terlindungi,” papar Frans. Lebih lanjut Frans menjelaskan bahwa untuk warga yang rumahnya mengalami kerusakan, baik ringan maupun berat akan dibantu dengan dana stimulan dari dana tanggap darurat. >>Karl

Leave a comment