Pemerintah Buka CPNS Transparan dan Adil

Jakarta,(MR)

PEMERINTAH berencana membuka rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di hampir semua kementerian tahun ini. Dengan demikian, proses rekruitmen kali ini berlangsung jujur dan adil.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (MenPAN) Azwar Abu Bakar menjamin rekrutmen CPNS akan berlangsung secara bersih dan jujur. Tidak terkecuali anak pejabat yang tidak memenuhi kompetensi disetiap struktur yang dibutuhkan dalam instansi negara.

“Kalau dulu anak pejabat seperti Sekda dijamin bisa jadi PNS. Hari ini anak Sekda tidak dijamin akan jadi PNS. Kalau tidak lulus ujian,” tegas Azwar dalam acara sosialisasi UU No 25/2009 tentang Pelayanan Publik, di Kartika Chandra, Jl Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (13/2).

Dikatakan Azwar, jika anak pejabat tersebut tidak memiliki kompetensi yang dibutuhkan, Sudah saatnya pejabat birokrat membuat peluang usaha kepada masyarakat. Ketimbang, anak pejabat birokrat meneruskan jabatan ayahnya. “Salah satunya dengan cara anaknya dimodali usaha, sehingga terbuka peluang usaha bagi masyarakat. Kita sebagai senior-senior harus membersihkan dunia birokrasi kita,” ucapnya.

Azwar mengakui, jika pada masa lalu memang tidak menutup kemungkinan adanya praktik suap dalam rekrutmen CPNS. Namun untuk saat ini, Azwar beserta jajaran terkait rekruitmen akan melakukan pembenahan. “Sudah banyak kesalahan kita pada masa lalu, kita terlanjut merekrut pegawai dari keperluan, terlanjut merekrut orang di tempat yang tidak perlu. Kita harus memperbaiki kesalahan ini,” tandasnya. >> Sahrial Nova

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.