mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Pemerintah Bentuk BLU Pengelola Dana Abadi Pendidikan

Published on Mar 29 2013 // Berita Utama

Jakarta,(MR)

PEMERINTAH tengah membentuk Badan Layanan Umum (BLU) Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) guna menyalurkan bea siswa, riset dan pembangunan prasaranan dan sarana pendidikan. Rencananya BLU tersebut akan beroperasi pada tahun ini.

Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Muhammad Nuh menjelaskan saat ini proses pembentukan BLU tersebut masih dalam tahap pembahasan antara dewan pengawas, yang diantaranya beranggotakan Menteri Keuangan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan serta Menteri Agama.

BLU bidang pendidikan itu rencananya akan mengelola dana abadi pendidikan yang saat ini jumlahnya Rp 16 triliun. “Kita punya dana abadi Rp 16 triliun. dana abadi itu dimanfaatkan untuk apa? Yang jelas akan dimanfaatkan untuk tiga bidang, yaitu untuk bea siswa S2 dan S3. Yang kedua untuk riset yang terkait dengan kesejahteraan nasional seperti ketahanan energi, lalu untuk membangun sarana dan prasarana pendidikan untuk ketahanan bencana,” ujar Mendikbud dikantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin pekan lalu.

Lebih lanjut Mendikbud menjelaskan bea siswa pascasarjana yang akan diberikan LPDP ditujukan untuk masyarakat umum, tidak terbatas hanya untuk dosen, asalkan memenuhi persyaratan yang diperlukan. Bea siswa ini dipastikan bisa dipergunakan untuk mengikuti pendidikan baik didalam dan luar negeri.

Sedangkan untuk dana pembangunan kembali sarana dan prasarana pendidikan pasca bencana dinilai penting mengingat banyak bencana yang terjadi akhir-akhir ini yang merusak fasilitas pendidikan, terutama didaerah-daerah. Sedangkan pembangunan kembali fasilitas pendidikan yang rusak tersebut menurutnya tidak dapat langsung dilakukan karena tidak terprogram dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). “Karena bencana kan tidak pakai tanggal, kalau APBN kan pakai tanggal,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut Menteri Agama Suryadharma Ali juga mengatakan pembentukan LPDP masih dalam taraf perencanaan bersama kementerian terkait, dalam hal ini Kementerian Keuangan, Kemdikbud dan Kementerian Agama. >> Nokipa

Leave a comment