Pembangunan Losd Pasar Ujung Batu, Wabup Palas Kordinasi Dengan Warga Masyarakat Sosa

palasPalas, (MR)
Rencana Pemkab Palas yang akan melakukan pembangunan lokasi losd dan kios di lokasi Pasar Ujung Batu, Kecamatan Sosa, Wakil Bupati Kabupaten Padang Lawas (Wabup Palas), drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu melakukan kordinasi dengan pihak Kecamatan Sosa dan sejumlah perwakilan masyarakat setempat, Selasa (11/10), bertempat di Kantor Camat Sosa.

“Mengingat lokasi tempat pembangunan losd dan kios Pasar Ujung Batu itu, sangat berdekatan dengan areal pemukiman masyarakat. Warga meminta agar dibuat akses jalan menuju ke pemukiman warga, karena memang selama ini ada akses jalannya. Jangan lantaran dibangun lost pasar yang baru, akses jalannya jadi tertutup,” sebut Wabup Palas.

Selain itu, lanjutnya, warga juga meminta agar pengelolaan lokasi Pasar Ujung Batu pasca dibangunnya losd dan kios yang baru nanti, agar pengelolaan limbah dari pasar tersebut dapat dikelola dengan baik, sehingga tidak mencemari lingkungan pemukiman padat penduduk itu.

“Saran, masukan dan usulan dari perwakilan warga tadi sudah kita catat dan akan jadi masukkan serta pemikiran bagi kita (Pemkab Palas-red). Makanya pada pertemuan dengan perwakilan warga masyarakat tadi, kita mengikut sertakan pihak Diskoperindag Palas, selaku SKPD terkait agar memperhatikan hal ini,” tegasnya.
Sementara itu, Camat Sosa H. Asnan Lubis didampingi Kepala Pasar Ujung Batu, Aspan Sikumbang menyebutkan, pertemuan kordinasi dengan Pemkab Palas ini bermula dari rasa kekhawatiran warga masyarakat yang berdomisili di lokasi Pasar Ujung Batu, yang takut akan terputusnya akses jalan menuju rumahbya dengan dibangunnya losd dan kios Pasar Ujung Batu tersebut.

“Hasil dari pertemuan dengan Pak Wabup tadi disimpulkan, agar pelaksanaan pembangunan Pasar Ujung Batu tidak mengganggu kenyamanan dan ketertiban warga sekitar pasar. Juga sudah disepakati tadi, akan dibuat akses jalan menuju ke pemukiman warga bersamaan dengan dibangunnya pasar, dengan ukuran jalannya panjang 30 meter dan lebar 3 meter, sehingga akses ke pemukiman warga tetap lancar seperti biasanya,” ujarnya.
Katanya, pembangunan losd dan kios Pasar Ujung Batu pada tahun ini, merupakan hasil usulan musrenbang pihak Kecamatan Sosa tahun 2015. “Untuk meningkatkan kenyaman dan keamanan kegiatan bisnis di Pasar Ujung Batu, tahun ini akan dibangun sebanyak 16 unit losd pasar dan 20 unit kios di Pasar Ujung Batu dengan anggaran dana sebesar Rp. 1,1 miliar yang bersumber dari dana APBD Palas tahun 2016,” terangnya.

Sedangkan perwakilan warga masyarakat Pasar Ujung Batu, Pangihutan Hasibuan usai pertemuan dengan Wabup Palas menyatakan, pihaknya sangat mendukung program pembangunan yang digulir pemda setempat di desa mereka. “Harapannya pembangunan losd dan kios Pasar Ujung Batu nantinya, tetsp memperhatikan kepentingan masyarakat setempat yang berdomisili berdekatan dengan pasar. Terutama soal akses jalan dan pengelolaan limbah pasar tersebut,” pungkasnya. >>Maria

Loading

Related posts