mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Pembangunan Desa Pelas Sudah Bisa Dirasakan Masyarakat & Pertanian Maksimal

Published on Apr 10 2018 // Nusantara
Kediri, (MR)
Sektor pertanian masih menjadi tumpuan perekonomian masyarakat Desa Pelas Wilayah Keras. Di sektor produksi pertanian tidak hanya padi tetapi juga tebu utamanya, sebanding dengan daerah lain yang tenaga kerjanya mayoritas di sektor pertanian. Oleh karena itu Kepala Desa serta dibantu Perangkat termotifasi untuk fokus ke Pertanian, dan Poktan juga sepakat untuk memaksimalkan potensi pertanian mengingat lahan pertanian yang masih luas, hingga mencapai 151 hektar murni lahan petani.
Perkembangan tanaman terutama padi jumlahnya, dan hasilnya terus mengalami peningkatan. Oleh karena itu akhirnya terbentuk Gapoktan, dan dianggotai Poktan-Poktan, juga KWT. Dengan tetap aktif menyelenggarakan musyawarah (Rembug Tani). Arahnya untuk solusi mengantisipasi kegagalan tanam, panen, juga meningkatkan hasil, serta memaksimalkan potensi lahan.
Kepala Desa Junairi dalam kesempatan ini menyambut baik atas pertemuan-pertemuan yang diselenggarakan oleh Poktan, semoga dengan ini masalahnya bisa terurai khusus pada pertanian di Desa Pelas. Termasuk memikirkan bagaimana terkait ketersediaan air, dan pupuk dapat teratasi. Mempunyai perencanaan strategi agar maksimal. Menyerahkan sepenuhnya pada Poktan, dan Warga untuk mengelola dengan konsep yang baik, dan lancar.
Masih menurut Junairi (Kades), “Kami ingin merubah Mindset para Petani. Nyatanya berhasil, sehingga warga Petani sudah merasakan dengan pengetahuan tehnologi yang disampaikan lewat pelatihan-pelatihan. Ada perubahan terutama dengan adanya pembangunan infrastruktur Desa yang diperuntukkan ke Pertanian. Dengan adanya saluran-saluran, yang dulu tidak bisa panen sekarang melimpah, yang dulu aliran air terhambat sekarang bisa lancar penuh,” paparnya.
Kemudian Imam Muhaji (Gapoktan) mengatakan, “Di Desa Kami ada 3 Poktan yaitu Tani Makmur, Tani Maju, Tani Mulya. Sering berkoordinasi dengan pihak pendamping BPP. Selalu bersemangat dalam memajukan pertanian. Bahkan kemarin Petani juga menerima bantuan benih dari pemerintah, tentu merasa senang karena dapat perhatian,” katanya.
Pemerintah Desa Pelas berharap berbagai kegiatan yang dilaksanakan untuk pembekalan ilmu pertanian bisa diterapkan dengan maksimal. Pemerintah Desa Pelas dalam membangun Sarana prasarana pendukung pertanian juga sangat maksimal. Nyatanya Masyarakat sudah merasakan hasilnya. Akhirnya masyarakat tenang, nyaman, hasil panen melimpah, uang melimpah. >>Ags

Leave a comment