mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Pasar Murah Car Free Day Salah Satu Bentuk Kepedulian Pemda Kuningan Terhadap Masyarakat

Published on May 24 2017 // Ragam

Kuningan, (MR)
Untuk menekan harga kebutuhan pokok jelang Bulan Ramadhan yang terus naik ini masyarakat disuguhkan pasar murah. Pasar murah yang digagas Bagian Perekonomian Setda Kuningan itu mulai digelar di arena Car Free Day (CFD) hari minggu 14 mei 2017. Rencananya kegiatan ini akan digelar di setiap hari minggu di arena Car Free Day.

Kegiatan yang disponsori oleh BI wilayah Cirebon, Bank BJB, Perum Bulog Sub Divre Cirebon, SR Pertamina Wilayah Cirebon dan Hiswana Migas Cirebon ini menyuguhkan 9 bahan pokok dengan harga di bawah harga pasaran. Bahan-bahan Sembilan bahan pokok ( Sembako ), yaitu beras premium kemasan 1 kg dengan harga Rp 8.800, beras medium kemasan 1 kg Rp 7.900, telur ayam 1 kg Rp 18.000, daging sapi 1 kg Rp 85.000, minyak goreng kemasan 1 kg Rp 12.500, gula pasir 1 kg Rp 12.200, gas LPG 3 kg Rp 15.100, gas LPG 5,5 kg Rp 63.000, gas LPG 12 kg Rp 131.000 dan Bihun 1 dus Rp 50.000 dan berbagai makan dan minuman serta barang lainnya yang dibutuhkan masyarakat.

Kegiatan pasar murah cukup mendapat perhatian yang besar dari masyarakat, terutama masyarakat yang selalu hadir dalam CFD. Terbukti beberapa bahan pokok yang disuguhkan langsung diserbu oleh masyarakat, pasalnya harga yang diberlakukan adalah harga normal dari pemerintah.

Menurut Kepala Bagian Perekonomian Setda Kuningan, Uu Kusmana, Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk meringankan beban masyarakat ditengah naiknya berbagai kebutuhan pokok serta untuk mengendalikan harga pasar jelang bulan suci ramadhan.

“Kami berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan masyarakat Kabupaten Kuningan dan sekitarnya. Karena selain murah dibawah harga pasar tetapi kualitasnya juga tetap bagus,” papar Uu.

Harga bahan-bahan kebutuhan pokok masyarakat lanjut Uu, akhir-akhir ini sulit diprediksi, hal itu disebabkan berbagai faktor diantaranya dampak anomali cuaca, permainan para tengkulak dan faktor-faktor lainnya.

“Pasar murah Car Free Day akan diselenggarakan setiap Minggu pagi mulai pukul 07.00-09.00 WIB. Ini merupakan bentuk kepedulian Pak Bupati terhadap masyarakat dan sekaligus meringankan beban pengeluaran masyarkat dalam pemenuhan kebutuhan pokoknya,” kata Uu.

Dikatakannya, dalam pelaksanaannya tidak menggunakan APBD Kabupaten Kuningan akan tetapi hasil kerjasama serta partisipasi aktif dari berbagai pihak swasta maupun BUMN. Kedepan kegiatan ini rencananya bisa dilaksanakan di tiap kecamatan secara bergiliran. >>Irwan

Leave a comment