mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Ormas BBC DPD Ciamis Adakan Seminar HIV&AIDS

Published on Jun 11 2013 // Berita Utama

Dedi Kurniadi, S.Pd. Ketua 3 DPD BBC Kabupaten CiamisCiamis, (MR)

BBC Dewan Perwakilan Daerah ormas kabupaten Ciamis akan mengadakan kegiatan seminar ormas BBC peduli “HIV dan AIDS” yang akan diselenggarakan pada tanggal 13/6 bertempat di Gedung Puspita dengan mengusung tema “Anak Bangsa yang kreatif bukan HIV & AIDS yang aktif.”

”Sasaran kegiatan mahasiswa, pelajar, praktisi kesehatan dan umum. Bertindak selaku narasumber, Dr. Hj. Sri Dewi Widayanti, KPA Kabupaten Ciamis, Testimony sebagai undangan kehormatan Bupati Ciamis, Sekda Ka Polres, Dandim Kadis pendidikan Dinkes Kabupaten Ciamis. Seminar ormas BBC peduli HIV dan AIDS dalam hal ini AIDS, adalah suatu sindroma yang melibatkan semua organ system tubuh penderitanya yang menyebabkan kerusakannya/melemahnya system kekebalan tubuh manusia, sehingga penyakit ini melibatkan hampir semua disiplin ilmu kedokteran 1 April 1987 sampai dengan 30 Desember 2012 secara kumulatif.

Ribuan orang di Indonesia telah terinfeksi kasus HIV dan AIDS untuk di Jawa Barat sendiri terdapat penderita AIDS sebanyak 8762 kasus dengan jumlah kumulatif kematian sebanyak 376 kasus sedangkan untuk bulan maret 2013, di kabupaten Ciamis telah terdapat 5 kasus baru. Permasalahannya adalah jumlah angka kasus HIV di kabupaten Ciamis terus meningkat.

Laporan dari departemen kesehatan pada tahun 2002 menyatakan bahwa Indonesia akan melakukan upaya agar berada dari prevalesi rendah ke Negara daerah terkonsentrasi. Jumlah penderita HIV dan AIDS di kabupaten Ciamis sendiri terus bertambah dari tahun ke tahun berdasarkan jumlah kasus HIV dan AIDS dari data yang di miliki dinas kesehatan kabupaten ciamis dari tahun 1999 sampai 2013, HIV mencapai 25 kasus dan AIDS ada 35 kasus dengan 9 kasus meninggal dunia dan di perkirakan hingga akhir 2013 dapat terus bertambah.

ODHA baru data tersebut menjadikan kabupaten Ciamis berpotensi tinggi dalam penderita HIV dan AIDS bahkan dalam 5 tahun terakhir. Sementara itu angka tertinggi penderita AIDS di kabupaten Ciamis berumur antara 16 hingga 35 tahun anak berumur di bawah 10 tahun masuk dalam 4 besar penderita HIV dan AIDS tertinggi di kabupaten Ciamis ini.

Pemahaman dan pengetahuan tentang HIV dan AIDS mutlak di lakukan secara simultan ke semua kalangan termasuk penanganan keguguran pada ODHA, secara dampak social HIV dan AIDS khususnya di kabupaten Ciamis kepedulian, mutlak diperlukan untuk menyelamatkan generasi dari virus penyebabnya tabor stigma dan diskriminasi harus di singkapkan dengan segera.

Dedi Kurniadi, S.Pd. selaku ketua panitia penyelenggara kegiatan menambahkan, dengan diadakannya kegiatan seminar ini yang pada dasarnya tujuan, memotivasi anak bangsa untuk lebih mengenal tentang bahayanya HIV dan AIDS di harapkan, seluruh praktisi kesehatan lebih memahami tentang penatalaksana pada penderita HIV dan AIDS secara dampak social yang ditimbulkannya dan mendorong pemerintah dan tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan dan mencegah HIV dan AIDS, juga meningkatkan peran serta masyarakat untuk peduli HIV dan AIDS, serta menghilangkan diskriminasi dan stigma. >>HR

Leave a comment