Nasdem Singkirkan PAN dari Ketua DPR Bombana

Bombana, (MR)
Partai Nasional Demo-krat (Nasdem) dipastikan membuat Partai Amanat Nasional (PAN) tersingkir dari Kursi Ketua DPRD Kabupaten Bombana,  Sulawesi Tenggara. Hal ini terlihat dari pleno rekapitulasi perhitungan suara Pemilihan Anggota Legislatif 2019 oleh KPUD Bombana yang berakhir, Senin (6/5), memposisikan Nasdem unggul dari PAN yang pada Pemilu sebelumnya menguasai DPRD setempat.
Tercatat, Nasdem dan PAN masing-masing menyabet lima kursi, namun perolehan suara Nasdem lebih unggul, yakni  13.643 suara, sementara suara PAN hanya 12.767, sehingga secara yuridis Nasdem akan menjadi nahkoda di DPRD Bombana dan menggeser PAN ke kursi wakil ketua.
Golkar dan PPP yang pada Pemilu kali ini hanya meraih dua kursi, terpaksa harus kehilangan jabatan wakil ketua dan beralih ke PAN dan PKB yang meraih tiga kursi. Kursi wakil ketua yang ditempati PKB sebelumnya dibayangi Partai Gerindra yang juga memiliki tiga kursi, namun harapan Gerindra yang hanya meraih 6.246 suara menjadi pupus, setelah rekapitulasi mengunggulkan PKB dengan 6.282 suara.
Dengan komposisi Nasdem sebagai ketua, PAN dan PKB sebagai wakil ketua, maka pertanyaan yang muncul, siapa kader yang akan diberi amanah ketiga partai tersebut untuk menduduki kursi empuk pimpinan DPRD Bombana. Dengan mengacu pada kapasitas di dalam Partai, dapat diprediksi, Arsyad Syamsuddin, S.Pd dan Iskandar, SP dipastikan akan menjabat Ketua dan Wakil Ketua DPRD Bombana.
Alasannya, kedua politisi tersebut adalah kader Partai yang juga menjabat Ketua di Partai masing-masing, sedangkan PAN belum bisa diprediksi, mengingat di internal PAN terdapat tiga petahana yang lolos, yakni Andi Firman (Ketua DPRD Bombana saat ini), Abdul Rauf dan Musrif.
Namun yang saat ini mencuat, kursi wakil ketua DPRD Bombana akan diperebutkan Andi Firman dan Abdul Rauf. Tetapi hal itu terpulang pada keputusan partai yang saat ini Ketua dan Sekretarisnya menjabat Bupati dan Wakil Bupati Bombana, yakni,  H.Tafdil, SE., MM dan Johan Salim, SP.
Perolehan kursi di DPRD Bombana Periode 2019-2024 oleh 10 Partai Politik, menunjukkan lembaga wakil rakyat itu akan didominasi wajah baru. Dari 25 kursi yang ada, hanya 8 incumbent yang bertahan, selebihnya, diambil alih 17 pendatang baru.
Pendatang baru dimaksud adalah dari Nasdem: Zalman, S.IP, Husnul Fuadi, S.Kel, Kal Asyar, ST, Ashari Usman, S.Pd., M.Si; PAN: Ardi A., SP., MP dan Askhar, ST; PKB: Iskandar, SP, Nasaruddin, SH., MH dan Nurkolis, A.Md; Golkar: Akmal, S.IP; Gerindra: Andi Sambaloge, Suryadi, S.Pd; PPP: Hasan; Hanura: Andi Mashar, S.Sos; PDIP: Herlin, S.Psi, Yuslia, SH; PKS: Salma.
Sedangkan 8 wajah lama yang lolos adalah Arsyad Syamsuddin (Nasdem), Andi Firman, Abdul Rauf dan Musrif (PAN), Drs. Ahmad Mujahid (Golkar), Amiadin, SH (PPP), Andi Wawan Idris, S.Sos., M.Si (Gerindra) dan Rumiyanto, S.Pd (Demokrat). >>HT

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.