mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RPJMD Kabupaten Nias Tahun 2016-2021

Published on Nov 16 2016 // Ragam

musrenbangNias, (MR)
Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RPJMD Kabupaten Nias Tahun 2016-2021 dilaksanakan di ruang serba guna lantai III Kantor Bupati Nias, Desa Ononamolo-Gunungsitoli Selatan, Selasa (01/11).
Kepala Bappeda dan PM Kabupaten Nias Ir. Agustinus Zega dalam penyampaian laporannya mengawali pelaksanan Musrenbang RPJMD Kabupaten Nias mengatakan, dasar pelaksanaan Musrebang ini adalah *Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional *Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah; * Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Pedoman Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah; *

Dan Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2006 tentang Tata Cara Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan; dan *Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 Tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah katanya.

Bupati Nias yang disampaikan oleh Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu, SH, MH sekaligus membuka secara resmi pelaksanaan Musrenbang mengatakan Visi Pembangunan Kabupaten Nias Tahun 2016-2021 yaitu “terwujudnya kabupaten nias yang maju, mandiri dan sejahtera” yang kalau kita singkat menjadi “MMS”.
Makna dari Visi tersebut adalah pembangunan yang didorong upaya, gerakan dan prakarsa inovatif menuju Kabupaten Nias yang maju dan mandiri dalam aspek ekonomi, dan sejahtera dalam kehidupan sosial kemasyarakatan katanya.

Oleh sebab itu, dalam 5 (lima) tahun ke depan kita akan memperkuat, memperluas, meningkatkan dan menyempurnakan program strategis menuju apa yang kita sebut dengan :
1. Nias Terakses, tercermin dari meningkatnya aksesbilitas antar wilayah dan terbebasnya desa – desa terisolir = 90 %.
2. Nias Sehat dan Cerdas, yang tercermin dari meningkatnya indeks pembangunan manusia (IPM) Kabupaten Nias.
3. Nias Makmur, yang tercermin dari peningkatan pendapatan perkapita masyarakat
4. Nias Melayani, yang tercermin dari meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah dan meningkatnya kualitas pelayanan publik.
5. Nias Rukun dan Berbudaya, yang tercermin dari terciptanya suasana kehidupan masyarakat yang yang hidup rukun, damai, bermoral dan berbudaya, serta mampu menjaga perbedaan dalam persatuan dan kesatuan..
Acara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Nias, Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Utara, Pimpinan DPRD Kab. Nias, Unsur Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kab. Nias, Dekan Fakultas Ekonomi USU sebagai narasumber, Sekda Kab. Nias, Asisten Sekda Kab. Nias, Staf Ahli Bupati Nias, Inspektur Kab. Nias, Kepala SKPD lingkup Pemkab Nias, Camat se-Kabupaten Nias juga dihadiri oleh Pimpinan BUMD yg ada di Kabupaten Nias. >>Perwira Zebua

Leave a comment