mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Mulai Tahun 2018 Dana Konvensasi Galian C Masuk APBDes Desa Cipancur

Published on Feb 03 2018 // Nusantara
Kuningan, (MR)
Diakhiri 2017 dan awal tahun 2018 Pemdes Cipancur mulai melakukan penataan baik internal maupun eksternal dibawah kepemimpinan Kepala Desa yang baru. Adalah Ending Suhardi yang merupakan Kepala desa terpilih. Mulai dilantik bulan Oktober 2018, berbagai langkah mulai diambil Ending sebagai Kepala desa guna penataan dan pembangunan di desa Cipancur Kecamatan Kalimanggis Kabupaten Kuningan.
Salah satunya adalah mengenai dana konvensasi yang diperoleh pemdes Cipancur dari 2 (dua) galian C yang berada di wilayah Desa Cipancur sejak tahun 2010. Kalau dibawah kepemimpinan Kepala desa sebelumnya tidak ada perjanjian tertulis antara Pengusaha dan Pemdes Cipancur bahkan tidak pernah masuk APBDes, namun dibawah kepemimpinan kepala desa yang baru sekarang, Pemdes sedang berusaha untuk membuat perjanjian secara tertulis, bahkan dana konvensasi segera di dimasukkan dalam APBDes 2018.
Hal ini dijelaskan langsung Kepala Desa Cipancur Ending Suhardi saat ditemui awak media, Kamis (25/1). Menurutnya dana konvensasi dari pengusaha merupakan PADes yang cukup besar untuk tingkat pemerintahan desa. Kalau sebelumnya PADes ini dimanfaatkan dengan benar untuk pembangunan di desa, harusnya desa cipancur sudah lebih maju dari desa di sekitarnya dalam aspek pembangunan desa, walaupun 50% dari penduduknya adalah peratau.
“Konvensasi sebesar kisaran 13 juta per bulan merupakan salah satu sumber PADes yang cukup besar. Rencananya ini akan dibuat perjanjian secara tertulis dengan pengusaha. Dana konvensasi ini juga akan kita buat Perdesnya. Kemudian akan kita masukkan dalam APBDes. Jadi dengan begitu semuanya bisa dipertanggung jawabkan baik administrasi maupun realisasinya”, jelas Ending
Lebih jauh Ending juga berharap semua pihak baik BPD, LPM dan masyar-akkat bisa mendukung langkah-langkah yang diambil Pemdes Cipancur. Salah satu bentuk nyata langkah yang diambil Pemdes Cipancur sejak Oktober 2017 adalah penyelesaian mesjid Syiarul Islam desa Cipancur yang berasal dari sumbangan pengusaha galian C tersebut. >>Irwan

Leave a comment