Menkes Ajukan Pengunduran Diri

Jakarta,(MR)

      MENKES Endang Rahayu Sedyaningsih resmi mengajukan pengunduran diri karena alasan kesehatan. Siapa penggantinya? Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) belum memikirkinnya. “Sementara belum, karena untuk tugas-tugas yang biasa diemban oleh Bu Endang selaku menkes sementara ini di takeover atau dikerjakan oleh wamenkes,” kata Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha di kompleks istana kepresidenan, Jl Medan Merdeka Utara, Kamis (26/4).     “Jadi wamenkes yang nanti akan bertugas untuk melaksanakan tugas menteri kesehatan. Dibantu oleh jajaran eselon satu di Kemenkes,” sambungnya.

Menurut Julian, Endang baru mengajukan pengunduran diri secara lisan siang tadi. Meski begitu, SBY sudah menerima permintaan tersebut dengan pertimbangan kemanusiaan.

“Meskipun presiden mengetahui selama proses pengobatan dari rumah sakit, ibu Endang tetap menjalankan tugas sebagai menteri, memberikan direktif atau guidance kepada jajaran Kemenkes. Tapi karena dibutuhkan waktu untuk konsentrasi atas saran dari tim dokter agar bisa segera pulih, maka permohonan pengunduran diri beliau diterima oleh presiden,” jelas Julian.

Dengan kosongnya posisi menkes, maka Wamenkes Ali Ghufron yang akan merangkapnya. Tugas-tugas akan dijalankan seperti biasa. “Dirangkap dalam artian pos menteri kesehatan tidak kosong karena ditakeover dan dilaksanakan oleh wamenkes,” terangnya.

Sebelumnya, SBY mengutarakan pengunduran diri Endang usai menjenguk di RSCM Jakarta. SBY menyetujui pengunduran diri itu. >> Ediatmo

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.