Meningkatkan Hasil Produksi Pertanian Pemdes Sebet Manfaatkan DD Ke Saluran Irigasi

Kediri, (MR) – Program Padat Karya Tunai (PKT) yang dicanangkan Pemerintah Jokowi membuahkan hasil.Salah satunya dapat dilihat di desa Sebet,Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri,warga bergotong royong membangun saluran irigasi sawah yang menggunakan dana desa.
Menurut Kepala Desa Sebet Johan, “Kami memastikan, seluruh pekerja yang dikerahkan untuk membangun saluran irigasi itu merupakan warga asli Desa Sebet. Mereka termasuk warga yang tidak mampu, dan mempunyai tekad membangun desa agar lebih baik dan bisa dirasakan masyarakat. Ini dilakukan secara swakelola.Dan ini sesuai dengan komitmen saya sejak awal menjabat,yaitu menjadikan masyarakat maju dan sejahtera ”
Desa Sebet sejak dipimpin Figur P Johan nyatanya dari tahun ketahun semakin meningkat kemajuannya,jalan-jalan yang menghubungkan Dusun dengan Dusun yang lain sudah bagus,akses pertanian lancar,UKM tangguh,pemberdayaan jalan baik,dan lainnya.
Dengan adanya UU Desa, pemerintah memberi bantuan yang bermanfaat untuk masyarakat kecil dan dampaknya terasa oleh masyarakat Sebet.Dengan pembuatan irigasi ini diharapkan akan mempermudah aliran air,yang akhirnya hasil petani secara langsung meningkat.
Warga didukung Pemdes Sebet berharap pada tahun mendatang pemerintah Kabupaten,maupun Pemkab Kediri tetap memberikan bantuan ,dan bisa kembali membangun desa,seperti saluran irigasi di sejumlah titik lain.
“Kami masih fokus pada saluran irigasi yang rencananya akan kami bangun di beberapa lokasi lain,”Pungkasnya.
Program Padat Karya Tunai di Desa merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal yang bersifat produktif. Program ini dijalankan dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk memberikan tambahan upah atau pendapatan. (Ags)

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.