Mendagri : Banyak Pejabat Daerah Tak Paham Aturan Anggaran

Jakarta, (MR)

MENTERI Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengakui banyaknya pejabat di daerah yang tidak cukup memahami aturan terkait anggaran. Tak heran, jika banyak dari mereka yang kemudian berurusan dengan KPK.

“Memang ada yang memang tidak punya niat untuk korupsi, tetapi mereka tidak paham aturan. Karena begitu banyak peraturan perundang-undangan terkait keuangan, perbendaharaan dan kontrak kerja yang jumlahnya ratusan. Bisa saja mereka tidak paham sehingga mereka harus berurusan dengan Tipikor,” ujarnya di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu lalu.

Menurut dia, pihaknya akan segera melakukan orientasi sejumlah pertauran terkait anggaran terhadap kepala-kepala daerah. Hal yang paling penting dari semua itu ialah diterapkannya prinsip kehati-hatian dalam menjalankan suatu kebijakan.

“Bahwa aturan tentu harus diberikan pemahaman lagi kepada mereka. Tetapi yang paling penting lagi ada aspek kehati-hatian. Kalau merasa ragu-ragu bisa konsultasikan dulu, bisa kepada pusat atau pihak-pihak terkait yang lebih paham,” tandas dia. >> Sahrial Nova

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.