mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Megawati Menilai Indonesia Belum 100 Persen Merdeka

Published on Aug 23 2011 // Berita Utama

Jakarta (MR)

Mantan Presiden Republik Indonesia ke-5 Megawati Soekarnoputri menilai bangsa Indonesia telah melupakan nilai-nilai dan cita-cita proklamasi yang telah diperjuangkan para pendiri bangsa saat merebut kemerdekaan. Karena itu, ia menilai bangsa Indonesia kini belum merdeka 100 persen.

“Ya memang begitu karena ini tergerus oleh erosi. Kita tidak sadari bahwa kita sebenarnya melupakan nilai-nilai dan cita-cita proklamasi kemerdekaan kita. Hal penting ini mestinya kita mawas diri mengapa Pancasila tidak lagi diberlakukan dengan sesuai di Indonesia,” ucap Mega usai upacara Kemerdekaan Indonesia di kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Rabu (17/8).

Lebih lanjut menurut Megawati, nilai-nilai yang ada dalam Pancasila tidak diterapkan dan dilaksanakan. Selain itu, Ketua Umum DPP PDIP ini juga mengatakan dalam pembukaan UUD 1945 bukan hanya tertera sebuah kata-kata, melainkan telah tersimpan nilai-nilai sakral yang telah dirumuskan oleh pendiri bangsa sebelumnya. “Kalau merdeka kan tentu, tapi dalam artian merdeka seperti apa? Capaian merdeka itu seperti apa? Kalau kita merdeka tentu karena setiap 17 Agustus kita rayakan, tapi yang lebih penting adalah implementasinya,” tandasnya. (Sukron)

Leave a comment