mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Masyarakat Subang Bangga Dengan Perkembangan Sma Negeri 1 Subang

Published on Aug 27 2016 // Pendidikan

Kepala sekolah SMA Negeri Subang Rukadi M.PdKuningan, (MR)
Kecamatan Subang merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Kuningan yang lokasinya boleh dibilang terpencil berada di pinggir selatan Kabupaten Kuningan dan berbatasan dengan Kabupaten Ciamis. Meski demikian per kembangan dan kesadaran pendidikan di wilayah tersebut tidak kalah dengan kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Kuningan. SMA Negeri 1 Subang merupakan satu-satunya sekolah menengah atas negeri yang menjadi kebanggaan masyarakat di kecamatan Subang. Kepercayaan masyar akat terhadap sekolah terus dipupuk dan dibina oleh pihak SMA Negeri 1 Subang. Selain itu seiring adanya program pemerintah tentang WAJAR DIKNAS 9 TAHUN, SMA Negeri Subang terus melakukan sosialisasi agar masyarakat mengerti dan sadar akan pentingnya pendidikan terutama bagi siswa-siswi lulusan smp agar mau melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Menurut Kepala SMA Negeri 1 Subang yang baru diangkat beberapa bulan yang lalu Rukadi, MPd menjelaskan bahwa pihak sekolah terus melakukan sosialisasi terhadap masyarakat khususnya di wilayah kecamatan subang. Hasilnya Sma Negeri 1 Subang mampu memenuhi target PPDB di tahun ini, yakni 315 siswa baru.

“Untuk mencapai target tersebut pihak sekolah berusaha keras melakukan sosialisasi secara intensif terhadap masyarakat sekitar termasuk saya sendiri sebagai kepala sekolah ikut turun ke lapangan bersama guru-guru dan staf TU yang terlibat dalam kepanitiaan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru). Saya sendiri sampai pulang tiga hari sekali dan menginap di sekolah untuk memenuhi target sekolah tersebut disamping karena jarak rumah saya yang cukup jauh dari sekolah dan jalan menuju subang yang masih dalam perbaikan” tutur Rukadi saat dikonfirmasi Media Rakyat beberapa waktu yang lalu.

Lebih jauh Rukadi menjelaskan, dengan adanya lonjakan siswa baru tersebut pihak sekolah juga telah berhasil mendapatkan bantuan sarana pendidikan dari pemerintah berupa pembangunan 6 (enam) Ruang Kelas Baru yang sangat dibutuhakan sekolah guna menunjang kualitas pendidikan di SMA Negeri 1 Subang. Suatu hal yang patut dibanggakan oleh masyarakat Subang dengan memiliki sekolah ini.

“Sebenarnya pengajuan proposal bantuan RKB ini diajukan oleh kepala sekolah SMA Negeri 1 Subang yang terdahulu. Alhamdulilah sekarang bisa terealisasi bersamaan dengan adanya siswa baru tahun ajaran 2016-2017. Pihak sekolah berusaha dengan sebaik-baiknya menggunakan kesempatan ini karena memang sangat dibutuhkan oleh sekolah. Anggaran yang diterima dari APBN ini akan kami realisasikan dengan sebaik mungkin dan secara transparan dalam penggunaan anggaran ini. Hanya saja kami agak terkendala dengan jarak jauh dan jalan yang masih dalam perbaikan sehingga harga bahan bangunan cukup mahal sampai ke sekolah “ jelas Rukadi

Hal ini patut menjadi perhatian bagi pemerintah daerah Kuningan untuk segera menyelesaik-Subang sebagai akses yang menghubungkan kecamatan Subang dengan ibu kota Kabupaten. >>Irwan Dgt

Leave a comment