mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Mantab, PJU Dipasang di 600 Titik

Published on Nov 07 2017 // SosEkBis

Kabupaten Malang, (MR) – Sepanjang tahun 2017 Dinas PU Binamarga Kabupaten Malang memasang Penerangan Jalan Umum (PJU) di 600 titik yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Malang. Hal ini sangat beralasan karena wilayah Kabupaten Malang yang sangat luas, dan masih banyak beberapa wilayah terutama di pedesaan yang masih belum terpasang PJU.

Kepala Dinas PU Binamarga Ir.Romdhoni menjelaskan, pemasangan PJU baru di utamakan di jalan-jalan desa yang masih membutuhkan penerangan. “Mulai awala tahun lalu kami sudah memasang PJU di beberapa titik fan kami lakukan secara bertahap, melalui hasil evaluasi dan permintaan dari masyarakat,” ujar Romdhoni saat di hubungi Media Rakyat kamis (2/11).

Dia menambahkan jenis lampu PJU yang selama ini memakai jenis High Pressure Sodium (HPS) diganti lampu LED. Hal itu di lakukan berdasarkan efisiensi daya listrik. Perbandingannya daya listrik lampu HPS 500 watt sama terangnya dengan lampu LED 90 watt. “Dengan mengganti jenis lampu LED ini kami bisa menghemat daya listrik sebesar 60%,” tambah Romdhoni.

Selain itu, tambah Romdhoni penggunaan PJU jenis LED ini semakin menambah keindahan wilayah Kabupaten Malang. “Sinar lampu LED ini sangat terang saat malam hari, dan menjadi daya tarik tersendiri yakni sebagai hiasan di beberapa wilayah saat malam hari,” tutur mantan Kadis Ciptakarya ini.

Ia juga menjelaskan keuntungan tersendiri jika menggunakan PJU jenis LED ini, pasalnya pihak pabrikan pembuat lampu ini memberikan garansi selama lima tahun, sehingga pihak penyedia lampu ini akan memperbaiki bahkan akan mengganti lampu bila ada yang rusak, namun pabrikan tidak aka  mengganti bila kerusakannya di sengaja atau hilang di curi.

“Untuk itu kami menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya masyarakat di Kabupaten Malang ini untuk menjaga keberadaan PJU ini, jangan segan-segan untuk melaporkan kepada kami atau pihak berwajib jika menemui pencuri lampu PJU,” tandas Romdhoni.

Ia menambahkan dengan penggunaan PJU jenis LED ini maka pemerintah Kabupaten Malang tidak perlu mengeluarkan anggaran perbaikan lampu LED dalam kurun waktu lima tahun.  “Kami harap dengan pemakaian lampu LED ini dapat meminimalisir terjadinya kerusakan lampu dalam jangka waktu panjang, sehingga kita bisa menghemat anggaran perbaikan lampu PJU dan kita alihkan untuk perbaikan fasilitas yang lain,” tutup Romdhoni. >>GT

Leave a comment