Manfaat Program Dana Desa Mulai Dirasakan Warga di Desa Bumi Ratu Kecamatan Sungkai Selatan

Lampung Utara, (MR)
Sejak mulai dikucurkan pada tahun 2015 lalu, manfaat dana desa (DD) yang digelontorkan pemerintah pusat melalui Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi telah dirasakan begitu besar manfaatnya. Terlebih lagi dana desa ini benar – benar dimanfaatkan serta dilaksanakan sesuai dengan fungsi dan tujuannya.
Seperti kita ketahui bersama, di saat ini, pemanfaatan dana desa tidak hanya terfokus pada pembangunan infrastruktur saja, pengembangan fasilitas kesehatan dan listrik juga sudah bisa dibangun menggunakan dana desa. Bahkan saat ini sudah menjadi keharusan bagi setiap desa agar memiliki Bumdes sendiri, sehingga dapat membantu desa untuk bangkit dan mandiri.
Adanya dana desa yang digelontorkan ini tidak lain untuk mengatasi masalah-masalah yang dialami desa-desa di Indonesia, masih berkutat pada persoalan tingginya angka kemiskinan, pengangguran dan infrastruktur. Sebagaimana diketahui, dana desa salah satu fungsinya adalah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat secara optimal, sehingga mempercepat pertumbuhan ekonomi di desa tersebut.
Program pemerintah melalui dana desa dikucurkan dan diberikan kepada kabupaten/kota, khususnya desa-desa diseluruh Indonesia. Dimana salah satunya diterima oleh Desa Bumi Ratu Kecamatan Sungkai Selatan Kabupaten Lampung Utara. Desa ini sendiri merupakan satu diantara ratusan desa penerima yang ada di Bumi Ruwai Jurai.
Dengan begitu, perlahan tapi pasti desa ini lambat laun akan mampu bangkit dan mandiri. Hal ini bisa terlihat, meski baru tahap pertama  penggelontoran dana tersebut, tampak geliat pembangunan semakin pesat dilaksanakan demi kemajuan desa dan kemakmuran masyarakatnya.
Kepala Desa Bumi Ratu (Edi Kusuma),  (05/04/2019) mengungkapkan bahwa kucuran dana tahap  pertama dan yang diterima desanya telah mereka manfaat untuk membangun berbagai infrastruktur. “Saat ini dana desa kita manfaatkan untuk membangun Pagar Paud di Dusun 6, Pagar Kantor Desa di Dusun 6,pembangunan jalan Lapen 400 meter di Dusun 2,Dusun 5 dan dusun 6,” jelas Kades Bumiratu.
Di tempat terpisah Kepala Dusun 6  (Asep Samsudin) mengungkapkan “Pada dasarnya masyarakat sangat berterimakasih atas pembangunan yang sudah dilaksanakan, sehingga dengan sendirinya kami juga ikut partisipasi membantu pekerja atau tukang untuk memperlancar proses pengerjaannya tersebut,” ungkap Samsudin.
Adanya pembangunan yang dilaksanakan, tambah Kadus, khususnya infrastruktur jalan dalam desa, sangat bermanfaat.
Dimana yang tadinya jalan tersebut  rusak  kini alhamdulillah sudah sangat lancar. “Terwujudnya semua pembangunan ini diharapkan, Desa Bumi Ratu dapat hidup lebih baik lagi. Dan saya ingin berterimakasih kepada semua yang terlibat karena telah membantu hingga terlaksana dengan baik dan lancar,” pungkas Samsudin. >>DN

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.