mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Mahfud MD: Keadilan di Indonesia Mati Suri

Published on Jan 31 2013 // Berita Utama

Jakarta,(MR)

KETUA Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menilai keadilan di Indonesia sedang mati suri, karena keadilan tidak berdiri tegas. “Siapa yang mempunyai uang bisa membeli hukum,” katanya pada orasi kebangsaan dalam peringatan hari lahir ke-87 Nahdlatul Ulama (NU) di Kabupaten Magelang, Minggu. Ia mengatakan, tugas besar bangsa Indonesia yang harus disumbangkan terus oleh warga NU adalah menegakkan hukum dan keadilan. “Sekarang kita sudah merdeka, tidak akan ada lagi secara teoritik negara lain bisa menyerang Indonesia, kalau dulu tahun 1945 hingga 1950an kita takut diserang oleh bangsa lain sehingga pada waktu itu membangun alat pertahanan dan personel pertahanan yang kuat,” katanya.

Ia menuturkan, dalam era global ini tidak ada suatu negara yang berencana menyerang negara lain karena serangan terhadap suatu negara dikontrol oleh Persatuan Bangsa-Bangsa. “Untuk mempertahankan kemerdekaan adalah menegakkan hukum dan keadilan di negeri ini, karena kalau hukum dan keadilan tidak tegak, meskipun tidak diserang negara lain negara akan hancur dengan sendirinya seperti rumah pasir di tepi pantai,” katanya.

Ia mengatakan, kalau ingin menjaga bangsa dan negara ini butuh perhatian warga NU khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya bagaimana menegakkan hukum dan keadilan. “Bagaimana memberantas korupsi dan bagaimana seorang koruptor tidak diberi kesempatan untuk menyuap sehingga hukumannya menjadi ringan, bagaimana orang korupsi ratusan miliar rupiah hanya dihukum 4,5 tahun, sedangkan orang mencuri ayam dihukum tujuh tahun. Ini tugas kita untuk menjaga kelestarian NKRI,” katanya.

Ia menegaskan, bangsa ini tidak usah takut kepada Amerika Serikat, Inggris, dan Jepang atau siapa pun karena mereka tidak akan menyerang, yang sedang menyerang bangsa ini adalah ketidakadilan. >> Mohammad

Leave a comment