mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Lurah Batu IX Sambut Tim Penilai Tingkat Provinsi

Published on Jun 11 2013 // Nusantara

Wawako Tanjungpinang 1Tanjungpinang,(MR)

KELURAHAN Batu Sembilan IX, Kecamatan Tanjungpinang Timur, menjadi duta dari Kota Tanjungpinang untuk mengikuti lomba kelurahan terbaik tingkat Provinsi Kepulauan Riau tahun 2013. Kepercayaan itu diperoleh Kelurahan batu Sembilan setelah berhasil menjadi kelurahan terbaik tingkat Kota Tanjungpinang.

Untuk penilaian lomba kelurahan tingkat provinsi Kepulauan Riau, bertempat di kantor Kelurahan Batu IX, Jalan Adi Sucipto Kecamatan Tanjungpinang Timur, dikunjungi oleh Ketua Tim Penilai Ir. Hanafi Kapala Bidang Pengembangan Desa dan Kelurahan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) Provinsi Kepulauan Riau dan rombongan, Jum’at (07/06).

Tim penilai disambut oleh Camat Tanjungpinang Arlius, S.Sos dan Lurah Batu IX M. Ripayandi Putra, SE, para pengurus Tim Penggerak PKK Kelurahan dan kelompok usaha bersama Kelurahan.

Ketua Tim Penilai Ir.Hanafi mengatakan, yang menjadi fokus penilaian tim di antaranya bagaimana kelurahan dalam manjalankan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi)-nya, bagaimana tanggung jawab terhadap kelurahan, bagaimana upaya dalam mengembangkan usaha, ketrampilan dan ekonomi masyarakat serta menampilkan profil desa dua tahun terakhir. Kemudian upaya kelurahan dalam menyadarkan masyarakat sehingga memahami hak dan kewajibannya.

Selain menilai secara objektif tentang keadaan kelurahan.desa, tim juga melakukan tatap muka langsung dengan aparat kelurahan/desa dan kader-kader serta instasi terkait di tingkat kota/kabupaten. Selanjutnya penialaian langsung ke lapangan, dimana pihak desa harus mempersiapkan pendamping tim sesuai indikator-indikatornya.

Tim penilai terdiri dari 8 Dinas terkait antara lain, tim dari penilai dari Dinas Pendidikan, Kesehatan, Kesbagpol Linmas, Bappeda, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Koperasi,dan Ibu PKK.”Kata Hanafi.

Dalam kesempatan itu, Wakil Walikota Tanjungpiang H. Syahrul, S.Pd, mengatakan, Kegiatan ini merupakan program pemerintah yang berjenjang dari tingkat desa ke Kelurahan. Kelurahan Batu IX adalah kelurahan terbaik tingkat Kota Tanjungpinang dan layak menjadi utusan Kota Tanjungpinang ke perlombaan kelurahan terbaik tingkat Provinsi Kepulauan Riau. “ Saya percaya bahwa tim penilai Provinsi Kepulauan Riau adalah orang-orang yang professional dan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, Saya juga berharap Kelurahan Batu IX menjadi terbaik oleh Tim penilai sehingga dapat mewakili Provinsi Kepulauan Riau untuk Kelurahan terbaik di tingkat Nasional.” Ungkap Syahrul.

Sedangkan Lurah Batu IX M. Ripayandi Putra mengatakan, pihaknya sudah melakukan persiapan sebaik-baiknya, untuk menjadi juara kelurahan terbaik tingkat Provinsi Kepulauan Riau, saya juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak terkait, dan warga Kelurahan bati IX atas kerjasama dan dukungannya, sehingga berbuah hasil.” Tutur Ripandi. Kegiatan di lanjutkan memperesentasikan profil serta segala keunggulan dalam pengembangan dan pembangunan Kelurahan Batu IX. >> Doni

Leave a comment