mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Lomba Desa Pantai Bahagia Muaragembong Bekasi Jawa Barat

Published on Apr 30 2015 // Nusantara

PemkabBekasi, (MR)
Pemkab Bekasi setiap tahun menyelenggarakan LOMBA DESA di Kecamatan Muaragembong yang terpilih Desa Pantai Bahagia (25/03/15) Rabu Jam 08:00 s/d selesai, Pemkab Bekasi pelaksanaan Lomba Desa mengutus Tim Penilaian yang dipimpin oleh Bapak SALEH SUHASBIH, S.SOS.MM lengkap sesuai bidangnya masing-masing seperti anggota Tim bidang pemerintahan, Bidang Kesehatan, bidang Ketertiban dan sebagainya Tim dari Pemkab Bekasi sudah siap masing-masing berada ditempat secara umum Bapak SALEH SUHASBIH, S.SOS.MM ketua rombongan Tim memberikan pengarahan tentang mana tujuan diadakan lomba Desa yang dihadiri selain dari aparat Pemkab Bekasi Kecamatan dari aparat Desa sekecamatan Muaragembong beserta warga masyarakat Desa Pantai Bahagia Jumlah yang hadir 231 orang.

Bapak Camat Muaragembong FAHRUROJI, S.SOS.MM tidak bias hadir sedang ada Acara diwakili oleh Bapak SUSANTO, SE Kabid Trantib mengatakan sambutannya kedatangan rombongan Tim penilaian Lomba Desa dari Pemkab Bekasi yang saya tidak sebut namanya satu persatu maka saya sebagai mewakili Camat Muaragembong mengucapkan Terimakasih kepada ketua Tim dan rombongan terutama terutama Bapak Kepala Desa Pantai Bahagia MAMAN SURYAMAN yang sudah menyiapkan tempat dan jamuan serta pasilitas lainnya demi mencukupi yang dibutuhkan semoga adanya Lomba di Desanya akan lebih meningkat lagi masa yang akan datang  baik kinerjanya maupun pembangunan infrastruktur dan perekonomian.

Sambutan Bapak MAMAN SURYAMAN Kepala Desa Pantai Bahagia Kecamatan Muaragembong kabupaten Bekasi dengan adanya Desa Pantai Bahagia terpilih di Tahun ini dijadikan/ dilombakan, kami merasa bersyukur semua dari Jajaran perangkat Desa karena Kami dijadikan acuan untuk kedepan.

Bapak Ketua Tim penilaian Pemkab Bekasi berikut rombongan Bapak camat Muaragembong yang diwakilkan dan segenap Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta dari Ormas dan lembaga-lembaga yang hadir Kami ucapkan terimakasih bias hadir di Acara Lomba Desa ini tidak ketinggalan pula ibu-ibu dari PKK yang sama saya hormati. Maka Kami hanya menyampaikan selayang pandang yaitu Desa pantai Bahagia asalnya bagian dari Desa Pantai Bakti pada Tahun 1978 awalnya di Muaragembong hanya ada dua Desa Desa Pantai Bakti dan Desa Pantai sederhana tahun 1982 dibentuk Kecamatan Muaragembong kemudian Desa diadakan Pemekaran menjadi 5 Desa yaitu pantai Bakti, Desa pantai Bahagia Desa pantai Sederhana, Desa Pantai Mekar, Desa Pantai Bakti dan Desa harapan Jaya dan tahun 2002 ditambah 1 Desa lagi yaitu Desa Jaya Sakti Pecahan dari kecamatan cabang Bungin dan Kecamatan Muaragembong pun menjadi 6 Desa 43 RW 133 RT dan 18 Dusun. Jarak tempuh dari Desa pantai Bahagia Ke kantor Kecamatan Muaragembong + 8 KM dan jarak tempuh ke Pemkab Bekasi + 25 KM jarak terjauh + 80 KM atau 2,5 Jam perjalanan roda dua dan 3 Jam perjalanan roda empat. Desa Pantai Bahagia luas wilayah 3010 Ha, dengan batas wilayah Utara Laut Jawa Sebelah Timur Perbatasan desa Pantai Bakti sebelah selatan Perbatasan Desa Pantai sederhana dan sebelah Barat Laut Jawa.

Desa Pantai bahagia Kampungnya di pisah-pisahkan oleh Sungai Citarum, Sungai Beting dan sungai Muara Mati, Sungai Muara pecah dan semua keadaan sungainya sudah dangkal sehingga warga yg pekerjaan Nelayan sangat kesulitan jika ingin keluar dan masuk perahunya ke Laut. Jumlah penduduk Desa Pantai Bahagia laki-laki 3.947 dan wanita 3.779 jumlah 7.726 jiwa terdiri dari 2.127 KK profesi penduduk 10% berdagang 5% Buruh Tani 15% Nelayan tangkap 20% Nelayan Tambak 1% PNS 5% Swasta dan 46% lain-lainnya :P.

Situasi dan kondisi Desa Pantai Bahagia pada kenyataannya sejak tahun 2010 dilanda gelombang pasang surut air laut ketinggian di permukaan laut 0,5 M sehingga air laut masuk ke pemukiman warga tempat pendidikan tempat ibadah dan lahan-lahan kosong dihalan rumah sehingga tambak merata jadi laut sampai sekarang masih porak poranda pertanian sawahpun gagal panen kini air laut reda, namun meningggalkan bekas tambak sudah tidak ada pembatasnya sehingga sebagian petambak tidak bisa produksi ikan bandeng, udang pun tidak bisa dihasilkan akibat tambak tidak ada pembatasnya, hanya sekedar pas-pasan petambak kesulitan modal produksi ikan dan udang.

Kami Kepala Desa Pantai bahagia menghimbau ke Pemkab Bekasi agar perekonomian rakyat Desa pantai Bahagia bangkit kembali, harapan kami pemerintah terutama Bupati dan intansi yang terkait dimohon memperhatikan Muaragembong yang menurut Kami jauh ketinggalan dengan daerah-daerah lain seperti di Desa Pantai Bahagia sudah puluhan penggantian Kepala Desa puluhan penggantian camat sampai sekarang mobil belum bisa masuk ke Desa Pantai Bahagia.

Bahkan proyek penanggulangan Banjir sungai Citarum untuk Desa pantai Bahagia tertunda sampai kapan belum ada titik kelanjutannya, sehingga masya rakat Desa Pantai Bahagia selalu was-was di bayangin air banjir sungai Citarum karena merupakan tumpuan buangan air darimana-mana. >>A. Nata Wijaya

Leave a comment