mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Launching RASS Bersama Walikota Kediri

Published on Dec 12 2017 // Pendidikan
Kediri, (MR)
Launching dilaksanakan di SMPN 1 Kota Kediri di jalan Doponegoro, Walikota bersama para Siswa bersepeda sekaligus menunjukkan Rute Aman Selamat Sekolah (RASS). Maka dianjurkan semua masyarakat terutama Anak-Anak untuk membiasakan naik Sepeda. Disamping ramah lingkungan juga menyehatkan.
Mas Abu menuturkan, “Adanya jalur sepeda diharapkan bisa dimanfaatkan untuk bersepeda ke tempat kerja, ke sekolah dan sebagainya. Kedepan Saya menghimbau, masyarakat lebih tahu, bahwa jalan yang diberi warna hijau bergambar sepeda tersebut digunakan untuk jalur bersepeda, sayangnya banyak masyarakat belum maksimal dalam mematuhi aturan lalu lintas yang sebenarnya sudah disosialisasikan Pemkot Kediri dalam rangka mengurangi angka kecelakaan,” ujarnya.
Bahkan dari Kementerian Dishub memberikan 3 unit bus sekolah, yang disebut penghargaan Wahana Tata Nugraha dalam bidang tertib lalu lintas. Pemekot Kediri telah mendapat prestasi selama 4 tahun berturut-turut mulai 2013. Selain itu ada angkot gratis untuk pelajar. Pemkot Kediri sangat berterimakasih kepada Kementrian Perhubungan yang telah memberikan kepercayaan kepada Kota Kediri.
Menurut M.Ferry Djatmiko Kepala Dishub Kota Kediri, “RASS ini merupakan kawasan tertib lalu lintas sebagai upaya, dalam mewujudkan budaya tertib lalu lintas dengan memprioritaskan pejalan kaki dan kendaraan tidak bermotor di kawasan pendidikan, dan ruas jalan. Program ini bertujuan agar masyarakat membiasakan bersepeda, dan berjalan kaki, yang akhirnya bisa selamat, aman, nyaman, menyenangkan. Jalur untuk bersepeda ini melewati di sepanjang Kota Kediri, merupakan salah satu RASS. Rutenya melewati SMPN 1 JL.Diponegoro, Jl.Basuki Rahmat, Jl.Brawijaya, Jembatan Lama, Jl. KDP.Slamet, Jl.Veteran, Jl.Kawi, Jl.Jaksa Agung Suprapto, Jembatan lama, Jl.Diponegoro,” katanya.
Program RASS lainnya yaitu Zona Selamat Sekolah (ZoSS) yang berwarna merah di depan sekolah dilengkapi dengan marka zebra cross,+ L,tulisan Zona Selamat Sekolah, serta dilengkapi alat bantu penyebrangan Pelican Crossing (untuk menyalakan lampu trafic light penyebrangan, dan membunyikan sirine penyebrangan), Halte, Warning Light, Alat Pembatas Kecepatan (Pita Penggaduh), Marka berbiku-biku kuning, dan rambu lalu lintas.
Turut hadir dalam penandatanganan Lounching RASS oleh Walikota Kediri Abu Bakar , diantaranya Kasubdit Audit, dan inspeksi keselamatan Jenderal Perhubungan darat Kemenhub I Ketut Suhartono, kepala Perwakilan Bank Indonesia Kediri Djoko Raharto, Kapolresta AKBP Anton Haryadi, Kepala Dishub Kota Kediri Ferry Djatmiko,dan para Pesepeda dari Pelajar dan Masyarakat. >>Ags

Leave a comment