mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Laksanaan Ujian Pemantapan/TrY Out UN SMP/MTs se-Kabupaten Kotabaru

Published on Apr 15 2015 // Pendidikan

UjianKotabaru, (MR)
Setelah Pelaksanaan Ujian Pemantapan (TrY O?ut) Ujian Nasional (UN) SMA/MA dan SMK se-Kabupaten Kotabaru yang dimulai sejak tanggal 10 s/d 12 Pebruari giliran siswa SMP/MTs Negeri dan Swasta se Kabupaten Kotabaru, melaksanaan Ujian Pemantapan (Try Out) Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2014/2015.

Mata Pelajaran yang di uji adalah: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA pelaksanaan Ujian Pemantapan (Try Out) UN ini difasilitasi oleh Dinas Pendidikan Propinsi Kalimantan Selatan melalui APBD Provinsi Kalimantan Selatan dengan di ikuti sebanyak 4.289 peserta Didik/Siswa yang tersebar. Pada 73 SMP/MTs Negeri/Swasata di 21 Kecamatan se Kabupaten Kotabaru.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. H.Joni Anwar.M.AP (07/04) di ruangannya mengatakan, “Kami telah meningkatkan sekolah untuk mempersiapkan siswa-siswanya secara optimal, sehingga mampu mencapai nilai terbaik saat pelaksanaan Ujian Nasional yang sebernya,” ungkapnya.

“Mulai Tahun 2015 ini dan hasil Ujian Nasional tidak lagi di pakai sebagai penentu kelulusan siswa, melaikan hanya sebagai: 1. Pemetaan mutu program satuan pendidikan; 2. Pertimbangan seleksi masuk jenjang pendidikan lebih tinggi; 3. Sebagai bahan untuk meningkatkan mutu pendidikkan. Di harapkan siswa tetap semangat mengikuti ujian Pemantapan/ Try Out SMP/ MTs Negeri/ Swasta ini adalah mempersiapkan diri menghapi Ujian Nasional yang sebenarnya dan harus betul-betul berjalan dengan tertib, lancar, dan tidak direkayasa, baik berkenan dengan tata ruang, tata tertib dan pengawasan ujian.

“Sejak tanggal 17 Maret 2015 yang lalu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kotabaru telah menerima hasil laporan Ujian Pemantapan/ Try Out Ujian Nasional Tahun 2015 (data terlampir).

Hasil Try Out untuk melihat sejauh mana penyerapan per mata pelajaran oleh sisiwa dalam proses belajar mengajar di sekolah dan merupakan langkah atau strategi yang efektip untuk menguji sejauh mana tingkat keilmuan yang selama ini telah di pelajari para peserta didik/ siswa di bangku sekolah. Selain untuk mengetahui-mengungkap sejauh mana kelemahan/ kekerungan yang ada pada diri masing-masing siswa, serta sebagai latihan mental dalam menghadapi UU nantinya.

Hasil nilai rata-rata ujian PementapangTry Out UN jenjeng SMP/ MTs se Kabupaten Kotabaru Tahun 2015: B. Indonesia : 5.84, B Inggris :4.33, Matematika: 3.15, IPA: 3.26. Total 16.59. Di ikuti oleh 73 SMP/ MTs di 23 Kecamatan se-Kabupaten Kotabaru.

SMP/SMPT/SMPLB Negeri/Swasata 59 Sekolah, MTS Negeri/Swasta 14 dengan jumlah Peserta Ujian sebanyak. 4.289 siswa / peserta didik. >>San

Leave a comment