Kuwu Kasanudin Gunakan DD Tahap I Bangun Jalan Gang Rabat Beton

Indramayu Pantura, (MR)
Pemerintah Desa Sukaperna Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, akhirnya kembali  merealisasikan dana desa (DD) tahap pertama Tahun Anggaran 2019, dana tersebut dipergunakan pemerintah desa untuk membangun jalan gang di lingkungan desanya rabat beton.
Kuwu Desa Sukaperna, Kasanudin  kepada Koran Media Rakyat  mengatakan, “DD tahun ini tahap I untuk bangun jalan rabat beton sebanyak 6 titik yang menjadi prioritas pembangunan jalan rabat beton seperti di jalan Gang Tumbak Macan panjang 60 cm lebar 3 cm, Gang delapan panjang 120 meter lebar 2 meter, Gang Tujuh panjang120 meter  lebar 2,5 cm, Gang 3 dan 4  panjang 80 meter lebar 1,5 cm dan gang punduan panjang 150 meter lebar 1,5 cm,” ungkap Kuwu Kasanudin, Senin (17/6).
Kasanudin menambahkan, “DD sengaja kami prioritaskan untuk membangun jalan di gang-gang agar para petani di Desa Sukaperna ini, jalan tersebut jika musim penghujan becek dan berlubang. Makanya jalan tersebut dibangun agar masyarakat merasa nyaman bila melewatinya. dengan di perbaikinya jalan gang tersebut sangat membantu para petani, jika musim panen lebih cepat dalam menggunakan alat pengangkutan yang mereka gunakan, seperti saat mengangkut hasil panen dengan mudah dan jalan tersebut juga merupakan akses jalan  menuju kantor Balai Desa dan menuju jalan utama, Pembangunan jalan rabat beton ini merupakan kesepakatan hasil musyawarah masyarakat pada musyawarah desa (Musdes), pelaksanaan pembangunannya juga melibatkan masyarakat yang dikerjakan secara Swakelola,” jelasnya.
Sedangkan menurut tokoh masyarakat  Desa Sukaperna yang turut mengawasi pembangunan jalan rabat beton tersebut. Menurut dia, kondisi jalan di Gang 8 yang sebagian besar rusak, menjadi salah satu dasar kesepakatan masyarakat mengusulkan pembangunan jalan rabat beton tersebut. “Sistem rabat beton ini dinilai lebih kuat dan tahan lama. Karena itu, masyarakat sepakat mengusulkan DD tahap I dilaksanakan dalam bentuk pembangunan jalan desa menggunakan sistem rabat beton,” kata Darpo. >>Bang Otoy

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.