Kunjungan Kemenlu , Jangan Setengah Hati.

.

Natuna(MR)- Kunjungan Departemen Luar Negeri bersama Kepala Geologi, ke Natuna diharapkan mampu mengangkat nilai jual Natuna di tingkat nasional maupun Internasional.

Hal itu disampaikan wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti, saat menerima kunjungan Deplu dan Peneliti Geopark di Kantor Bupati jalan bukit Arai Selasa 03/07/2018.

Ngesti menengaskan, Pemerintah sangat berterima kasih atas adanya penelitian untuk menjadikan Natuna menjadi kawasan Geopark .Baik ditingkat Nasional maupun Internasional.

Namun demikian, Dirinya menghimbau agar penelitian ini, tidak setengah setengah.Kami siap mendukung agar ekonomi masyarakat meningkat.ucap Ngesti.

Menurut Ngesti , dari tanggal 28 Juni, telah dilakukan survey lapangan untuk memetakan daerah mana yang dapat dilakukan menjadi daerah Geopark, sehingga nilai jual Natuna dimana Negara semakin besar.

Kami berharap, agar segera menentukan Natuna salah satu geofark dan go International.

Kami inginkan , Menlu , harus serius, tidak mau setengah setengah. Sinegritas antara pemerintah daerah maupun pusat harus terjalin, sehingga apa yang Kita inginkan bisa tercapai dengan baik.

Dengan demikian , Natuna dapat dijadikan Pagar keamanan dan pagar Kesejahteraan masyarakat.

Sesuai keinginan Presiden Jokowi, telah menetapkan 5 pilar percepatan pembangunan di Natuna , diharapkan bisa bersinergi.

Saat ini, parawisata Natuna sedang gencarnya mempromosikan Natuna, Berbagai lembaga turut mendukung Parawisata.

Lanjut Ngesti, untuk wilayah Kepri baru ini, yang pertama kali dilakukan penelitian Geopark .Mudah mudahan terlaksana agar Natuna mendunia . Sehingga kesejahteraan masyarakat tercapai.Untuk itu saya minta
penjelasan terkait Geopark di Natuna, karena sudah dua kali dilakukan penelitian, ucapnya.

Kepala Badan Pengkajian pengembangan kebijakan Kementerian luar Negeri Dr Siswo Pramono. Mengakui baru pertama kali kunjungi Natuna. Meski demikian timnya sudah terlebih dulu melakukan penelitian disini.

Banyak tim ahli saya bawa ke Natuna guna melakukan pemetaan dan penelitian tentang Geopark.

Natuna unik dan banyak potensi yang bisa diharapkan .Kita punya batu granit, besar seperti Gunung Ranai.Ada Gua, pantai bebatuan .Namun semua itu belum dapat mempercepat Natuna Untuk bisa dijadikan daerah Geopark.Ada tahapan hingga tahunan untuk bisa mencapai itu, dan harus bersinergi, ucapnya.

“Untuk menetapkan suatu daerah sebagai Geopark Prosesnya bisa sampai 3 tahun karena proses ada dalam 3 lembaga “. Jika sampai tingkat internasional bisa lebih.

Dalam penelitian geologi sudah tidak ada masalah.Kita banyak rombongan yang ikut dalam penelitian.
Propesor dr Mega, saya bawa, karena beliau yang meneliti gunung celetuk di Jawa Barat.ucaonya lagi.

Sementara itu, OKI salah satu penelitian survey geologi, dilapangkan ,menerangkan jika timnya telah melakukan penelitian ,sejak ,28 Juni hingga 2 Juli.

menurutnya, banyak yang bisa dibanggakan dari Natuna.
Dibantu Dinas Parawisata kami telah melakukan survey dibeberapa titik .
Lokasi pertama gua kamat.
Kemudian ,Selat lampa , kiri kanan batunya granit. Teluk depeh sangat bagus.karena batunya berlapis dan belum diberdayakan .Kendalanya masih belum ada akses memadai, sehingga lokasi seperti ini belum dikenal masyarakat. Pantai Cemaga, Alif Stone Park dan masih banyak lagi yang bekum diteliti.

Menurutnya, Untuk batu Granit yang ada di Natuna , tidak perlu diragukan , umurnya mencapai 75 juta – 100 juta tahun.Sudah cukup Tua.

Bukit kapur ,juga tidak kalah menarik, karena pemandangan gan dari atas sangat indah. Objek wisatanya, sangat bagus tapi perlu pembenahan keamanan bagi pengunjung.
Karena penyanggah untuk Selvi ,masih menggunakan kayu, sehingga dapat membahayakan jiwa.Intinya kami siap bersama sama mendorong Natuna masuk Geopark.

Sementara itu Kepala Disbudpar Natuna,Erson Gempa, mengatakan , jika Kabupaten Natuna dulunya merupakan. Bandar perdagangan Dunia, pada abad ke 7-19.Saat ini Pemerintah hanya membuka lembaran lama saja.

Hal tersebut dibuktikan banyaknya kuburan kuno tidak diketahui orangnya, serta penemuan barang antik di darat maupun perairan Natuna. Tahun ini Natuna, bakal dibangun rumah peradaban dan pembangunan Museum.

Pengembangan wisata MEA.
sangat cocok .Karena Natuna 97 persen lautan.

Erson juga mengakui jika ada Ada , 6 kupu kupu langka ditemukan di Natuna.
Kekah . Satu satunya hewan jenis kera hanya hidup di pulau bunguran.Bahkan hewan ini hanya ada di Natuna diseluruh Dunia.
Ditambah lagi dengan spesies penemuan katak kerdil dan , capung. Wisata bawah laut, arkeologi menjadi daya tarik dan tidak pernah ada di daerah lain tutup Erson./Roy.

.

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.