Saturday, 17/11/2018 | 11:21 UTC+7
Media Rakyat

KPRI Tumbal Kabupaten Ciamis Terus Berbenah

Ciamis, (MR)
Pembangunan koperasi di Indonesia beberapa dekade terakhir kualitas hasil pembangunan koperasi dinilai cukup membanggakan. Namun, disisi lain koperasi belum signifikan dalam berperan bagi perekonomian nasional.
“Pembangunan koperasi seharusnya di arahkan pada penguatan kelembagaan dan usaha agar koperasi menjadi kuat, mandiri, tangguh, dan berkembang melalui peningkatan kerjasama. potensi, dan kemampuan ekonomi anggota serta peran dalam perekonomian nasional dan global,” kata Ketua Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Tumbal Dedi Sunardi di Ciamis, belum lama ini.
Dirinya menjelaskan, saat ini koperasi Tumbal beranggotakan sebanyak 492 orang terdiri dari satuan guru TK ,SD dan para pensiunan guru se-kecamatan Ciamis, terkait pencapaian kenaikan omset mulai tahun 2016 sebesar 11,2 milyar dan di tahun 2017 lalu mencapai angka 11,65 milyar sedangkan Sisa Hasil Usaha (SHU) Rp.26,1623357,88 Rupiah.
Koperasi tumbal mengembangkan melalui 3 jenis usaha koperasi yang pertama Unit Simpan Pinjam (USP), kemudian di bidang Niaga, terakhir di bidang jasa seperti penginapan hotel.
Lanjut Dedi, rencananya di tahun 2018 ini koperasi Tumbal akan membangun Suako Tumbal (Swalayan Koperasi Tumbal) hasil koordinasi, komitmen dengan mitra terkait.
Lebih lanjut Dedi sunardi berharap kepada semua anggota koperasi Tumbal agar lebih meningkatkan kesadaran dan peran masing-masing karena koperasi selain pemilik juga pengguna jasa koperasi, dan kendala yang dihadapi koperasi saat ini.
“Terkait kebijakan pemerintah tentang pembayaran gaji pairol atau online sistem pembayaran gaji yang masuk ke rekening masing-masing ketika itu tingkat kesadaran berkurang kadang kala agak sulit untuk membayar kewajibannya ke koperasi, “ tutur Dedi. >>Heri
About

pembawa suara pembangunan bangsa

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.