Konsultasi AMDAL, Perencanaan Pembangunan Ruas Jalan Nasional Sepanjang 108,44KM .

Natuna(MR)- Dinas pekerjaan umum dan tata ruang (PUPR) Bina  Marga Kabupaten Natuna, merencanakan kegiatan pembangunan ruas jalan nasional Sei Ulu-Klarik sepanjang 108,44km.
Kegiatan sosialisasi study AMDAL ruas jalan nasional oleh dinas pekerjaan umum dilaksanakan di hotel Natuna, Kamis 03/10/2019, dibuka langsung Sekda Natuna Wan Siswandi.

Dalam sambutannya meminta maaf karena Bupati ngak bisa hadir lantaran ada kegiatan diluar daerah.

Ada beberapa hal yang perlu saya sampaikan, atas kehadiran saudara semua.Terima kasih juga kepada PUPR. Ucap Wan Siswandi sambil membuka secara resmi konsultasi publik AMDAL

Sesuai instruksi Presiden terkait  pembangunan  Insfratruktur di Natuna sedang digesa .

Untuk mengantisipasi kepadatan penduduk, sudah saatnya membuka jalan  dua arah. Guna menilimalisir persoalan dilapangan, perlu konsultasi dan sosialisasi. Mau tidak mau suka tidak suka ,Kab Natuna dalam waktu dekat bakal padat . Maka  perlu langkah antisipasi ucapnya.

Saat ini, Natuna sedang membangun, Minta dorongan dan bantuan dari Kementerian PUPR, untuk suffor dana, agar pembangunan  bisa cepat selesai. Ini sudah dimulai mohon saran dan pen
Dapat dari bapak sekalian.

Sementara itu, Kabid Bina Marga Natuna  Marzuki ,  mengatakan, adanya perencanaan pembukaan jalan dua jalur dari Sei ulu -lanal, dan dari Lanal ke Batu Kapal, didanai  oleh APBD. Pembangunannya dibiayai oleh APBN.” Pembukaan jalur dua dana APBD, untuk Pengaspalan dari APBN”.

Sesuai UU RI. no.32 tahun 2009,PP. no 27 tahun 2012,PP no 24 tahun 2018. PerMen LH no.5 tahun 2012 tentang jenis usaha dan kegiatan wajib dilengkapi AMDAL.

“Pembangunan ruas jalan kurang lebih 5 km,diwajibkan menyusun AMDAL” .

Penyusunan AMDAL ini untuk memaksimalkan dampak positif dan  negative ,mungkin terjadi di tengah masyarakat.

Dampak positif,  adanya peluang bekerja tahap kontruksi. Peluang berusaha .Peningkatan eksablitas wilayah .Peningkatan PRDB daerah .Peningkatan Insfratruktur.

Sedangkan sisi negatif,  Penurunan kwalitas  udara .Kebisingan ,Penurunan kwalitas air permukaan kontruksi,dan timbulnya limbah padat domestik.

Oleh sebab itu dalam rangka menerapkan PerMen  LH no 17 tahun 2012, Dinas pekerjaan umum dan penataan ruangan Kabupaten Natuna mengharapkan,saran pendapat dan tanggapan masyarakat sebagai kajian dan telaah dalam studi AMDAL.

Ada dua Dinas dan satu perusahaan yang dapat menerima saran atau masukan secara tertulis, dengan jangka waktu 19 hari. Diantaranya, Dinas Lingkungan Hidup.Dinas PUPR dan Konsultan Studi AMDAL, PT Cipta Buana Kunshuliyyah,alamat jln Magetan no 9 Antapani Kidul Kota Bandung.

Hadir dalam giat itu, Konsultan PT Cipta Buana, Perwakilan Satker dari Kementerian PUPR Camat Bunguran Utara,Kades dan sejumlah masyarakat.Polsek Bunguran Utara,dan Babinsa/Roy.

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.