mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Komplek Sdn Rayakan Idul Adha Latih Kepedulian Siswa

Published on Sep 22 2016 // Berita Utama

sdn-2Bandung, (MR)
Untuk menanamkan jiwa sosial yang tinggi serta kepedulian terhadap sesama dikalangan pelajar adlalah merupakan tanggung jawab semua pihak, karena hal itu adalah salah satu pondasi penting bagi para pelajar tersebut nantinya dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan negara.

Tetapi hal itu sulit dicapai tanpa adanya contoh serta teladan yang baik dari orang tua dan guru bagi para siswa tersebut. Dengan adanya kerja sama yang baik antara pihak sekolah dengan orangtua/wali murid dalam memberikan suritauladan bagi para siswa, maka akan tercipta keharmonisan dan kebersamaan yang terpadu bagi seluruh warga sekolah.

Hal inilah yang nampak di komplek SDN Awigombong Kota Bandung saat melaksanakan perayaan Idul Adha bertempat di halaman sekolahnya. Perayaan Idul Adha dilaksanakan pada (14/9/16) dimulai dari pukul 8,00 Wib dengan susunan acara sebagai berikut; pidato sambutan dari Kepala Sekolah dilanjutkan dengan penyerahan hewan kurban dari pihak Sekolah ke Panitia secara simbolis, Doa, selanjutnya pelaksanaan pemotongan hewan kurban, terakhir pembagian daging hewan kurban kepada para siswa dan masyarakat sekitar.

Dalam sambutannya Kepala Sekolah SDN Awigombong Kota Bandung Hj.Neni Herdiani M.M.Pd menerangkan definisi kurban yang artinya menyembelih hewan kurban sebagai Ibadah serta ketaqwaan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. “ Ibadah kurban suatu amalan yang disyariatkan umat Islam berdasarkan dalil Al-Qur`an , Hadist dan Ijma, oleh karena itu perlu dilakukan mengingat pentingnya Ibadah ini untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta Allah SWT” kata Hj Neni.

Ketua Panitia kurban Mulyana S.Pdi, ketika ditemui dilokasi kepada Media Rakyat menuturkan bahwa “kegiatan ini bertujuan untuk membina para siswa agar peduli kepada sesama khusus nya yang kurang mampu dan untuk memberikan praktek pembelajaran tata cara pemotongan hewan kurban serta syarat-syarat hewan yang akan dipotong menurut syariat Islam. Hewan kurban yang akan disembelih sebanyak 1 ekor sapi dan 4 ekor kambing.
Sedangkan daging kurban akan di bagikan kepada para siswa serta masyarakat sekitar lingkungan sekolah. Dari empat ekor hewan kurban kambing salah satunya, hewan kurban dari Hj.Neni Herdiani M.M.Pd, penyembelihan hewan kurban dilakukan oleh H.Gunawijaya S.Ag dibantu oleh para guru yang disaksikan warga sekolah komplek SDN Awigombong.

Hadir dalam acara tersebut Komite Sekolah Wawan Gunawan , Ketua RW 06 Kelurahan Cicadas Kecamatan Cibeunying Kidul , para guru, siswa. Acara hari Raya Idul Adha berjalan dengan sukses sesuai rencana yang telah di jadualkan. Adapun susunan Panitia pelaksanaan hari raya Idul Adha sebagai berikut; Ketua Panitia Mulyana S.Pdi, Sekretaris Deden Nugraha S.Ag, Bendahara Tuti S.Pdi. >>Usep Deni

Leave a comment