Tuesday, 13/11/2018 | 12:56 UTC+7
Media Rakyat

Kepala Desa Kota Napal Alokasikan Dana Desa Untuk Infrastruktur

Lampung Utara, (MR)
Untuk menggenjot pembangunan sejumlah infrastruktur di desanya, Kepala Desa Kota Napal Kecamatan Bunga Mayang (Reza Pahlevi) memanfaatkan Dana Desa seoptimal mungkin. Dana desa adalah dana yang bersumber dari APBN yang diperuntukkan bagi desa, yang ditransfer melalui anggaran belanja daerah Kabupaten/Kota. Dana ini digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat desa. Dana Desa di alokasikan dari APBN berdasarkan Pasal 72 Ayat 1 Huruf b UU No 6/2014 tentang Desa.
Tujuan pemerintahan Pusat memberikan Dana Desa pada prinsipnya adalah, untuk meningkatkan kesejahteraan dan pemerataan pembangunan desa melalui peningkatan pelayanan publik di desa, memajukan perekonomian desa, mengatasi kesenjangan pembangunan antar desa serta memperkuat masyarakat desa sebagai subjek dari pembangunan. Hal ini sesuai dengan substansi dari Undang-Undang Desa No 6/2014 untuk memberikan otonomi yang lebih besar kepada desa agar dapat menjadi mandiri.
Manfaatkan Dana Desa tahun ini, memprogramkan pembangunan fisik di desa diantaranya, “pembangunan Gorong-gorong, di setiap dusun dari 5 Dusun, pembangunan Jalan Orderlagh di Dusun 1dan 4,kemudian pembangunan Taman Desa di Dusun 2, selanjutnya pembangunan talud di dusun 5 dari 5 dusun dan drainase yang terletak Dusun 1, 2, 3 beberapa item ini diantaranya dibiayai menggunakan Dana Desa Tahun 2018,” terangnya.
Tambahnya, “pembangunan infrastruktur tersebut, berdasarkan hasil Musyawarah Desa (Musdes) yang diselenggarakan pada awal tahun lalu, masyarakat dan aparat Desa Kota Napal sepakat untuk membangun sejumlah infrastruktur di desanya, selain itu  Dana Desa juga dimanfaatkan untuk pemberdayaan masyarakat desa yang tidak mememiliki pekerjaan tetap, untuk memperkerjakan pembangunan-pembangunan tersebut,” tutupnya
Di tempat terpisah Tokoh masyarakat (Londo) menyampaikan, dirinya mewakili masyarakat sangat bersyukur dengan terealisasi dana ke desanya. Dikatakannya dengan pembangunan yang di prioritaskan untuk infrastruktur tersebut dapat berjalan dengan lancar, transparan, dan tepat sasaran.
“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, terutama kepada pemerintah daerah hingga ke pusat melalui Dana Desa tahun ini Kami mendapatkan pembangunan sehingga desa kami jauh lebih maju dan lebih baik lagi,” jelasnya. >>Doni
About

pembawa suara pembangunan bangsa

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.