Kemeriahan Acara Kirab Desa Sukorejo di Kediri

Kediri, (MR)
Suasana yang sangat meriah pada hari Kamis 27 September 2018 di Desa Sukorejo Ngasem Kabupaten Kediri. Kirab bersih Desa ini diselenggarakan, dimulai pada jam 08.00 pagi dengan berpakaian adat jawa berarak, start dari tempat tinggal Kepala Desa, menyusuri jalan 1 km menuju cikal bakal (punden). Kepala desa beserta Ibu berpakaian adat Raja dengan diiringi para abdi punggawa praja, sungguh sangat menghipnotis semua warga yang melihat.
Kegiatan bersih Desa ini merupakan agenda rutin yang digelar Desa Sukorejo tiap tahun dengan tujuan utama digelarnya acara ini yaitu  bentuk wujud syukur masyarakat kepada sang pencipta (Allah SWT) yang telah memberikan banyak kenikmatan baik kesehatan, kenyamanan, kehidupan baik, dan juga bermaksud menjaga (nguri-uri) budaya jawa. Disamping rasa kebersamaan dengan seluruh warga masyarakat, bisa saling menghargai, menghoramati ,dan bersatu menuju kesejahteraan, kemakmuran.
Filosofi punden sebetulnya sudah turun tumurun sudah dari jaman dulu, meskipun berganti-ganti Kepala Desa namun tradisi ini masih langgeng, dan terus dilaksanakan sampai sekarang. Selain menggelar acara kirab Desa Sukorejo, juga ada pagelaran tayuban (langen bekso), dan pengajian umum.
Sudarmanto selaku Kades menyampaikan, “dengan adanya acara-acara tahunan bersih Desa ini dimaksudkan, agar Pemerintah Desa dan Masyarakat bisa saling ada kebersamaan. Baik yang kaya, yang standart, yang sederhana, berbaur bersama menyatu bersama. Semoga kedepan pagelaran seperti ini bisa tetap diuri-uri walaupun nanti berganti-ganti Pemimpin, sehingga kedepan Masyarakat bisa saling bersama, sejahtera, makmur, sentosa, amin,” ungkapnya. >>Ags

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.