KCD Wilayah Xlll Resmikan Ruang Gedung Teaching Faktori SMK Negeri 1 Ciamis

Ciamis, (MR)
Diresmikan Ruang Gedung Display (TEVA) Teaching Factory Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kabupaten Ciamis, secara simbolis di Buka/peresmian oleh Sekertaris Dinas KCD Wilayah Xlll Hendra Sudrajat, S.Pd, MM, mewakili Kepala Cabang, selasa (12/2/19).
Kegiatan di hadiri oleh pihak Polres Ciamis IPTU. Asep Priyanto KBO Lantas Polres Ciamis dan pihak industri Bredco Jogya Ciamis serta para Dewan Pendidikan yang terkait. Dra. Ika Karniati Sarti, S.Pd.MM selaku Kepala Sekolah SMKN 1 Ciamis ketika di wawancara wartawan Media Rakyat, Ia menjelaskan, “diresmikannya Ruang Gedung Display Teva (Teaching Factory) bertujuan bahwa siswa siswi bisa berwirausaha secara mandiri,” katanya.
Dalam hal ini SMKN bekerja sama dengan pihak pihak yang terkait di bidang Teva, kemudian produk produknya tersebut hasil karya para siswa kelas ll di harapkan kedepanya para siswa dapat berwira usaha secara mandiri. Lebih jauh Dra. Ika Karniati menjelaskan program ini juga masuk ke Pembelajaran Kurtilas (Kurikulum 2013) PKK Siswa, dan para siswa cara memasarkan produk tersebut melaui aplikasi online maupun secara manual.
Masih di tempat yang sama, Hendra Sudrajat, S.Pd.MM, selaku Sekertaris Dinas KCD Xlll menambahkan, “kegiatan ini sangat bagus sekali, seharusnya semua SMK sudah bisa seperti ini, dikarenakan keterbatasan belum memiliki fasilitas seperti ini,” ujar Hendra.
Mudah-Mudahan kedepanya masing masing program studi memilikinya dan hal ini merupakan hasil anak-anak SMK yang sepertinya sudah bisa bersaing, tinggal sekarang langkah-langkah propagandanya lebih di sosialisasikan lagi ke masarakat luas. “Saya lihat dari masakan hasil karyanya enak sekali dan bagus, bukan hanya dari produk rotinya saja dari masakan masakan lainya pun enak,” kata Hendra.
Di harapkan kedepanya, para siswa yang sudah di didik di latih dengan sedemikian rupa, setelah lulus dari sekolah ini punya bekal ilmu yang cukup bagi mereka untuk bisa berwirausaha secara mandiri.
Sementara Bintang dari pihak Industri Brendco Jogya Ciamis menyampaikan, “saya dari pihak industri yang sudah bekerja sama dengan SMKN 1, bisa melaksanakan program TEVA di mulai dari persiapan dan bimbingan. Baik itu mengawasi produksi dan cara pemasaran produknya juga,” kata Bintang.
“Dan kami dari pihak industri sangat mendukung untuk kelancaran program TEVA di SMKN 1 Ciamis ini. Tujuan kedepanya, di setiap program yang ikut TEVA mempunyai keahlian di bidang pembuatan roti dan bisa membuka usaha sendiri,” pungkasnya.
Sementara Iptu. Asep Priatna Polres Ciamis sangat mendukung dalam kegiatan tersebut. >>HR

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.