mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Karyawan PT. Sultra Belum Kantongi Jamsostek

Published on Aug 01 2011 // Investigasi-Report, Nusantara

Ternate-Maluku Utara (MR)
Hingga kini pihak perusahaan Sutra belum memberikan kewajibannya terhahap karyawan yang sudah bekerja selama 6 tahun. Hal tersebut di sampaikan salah satu karyawan yang enggan disebut namanya beberapa waktu lalu kepada Media Rakyat .
Perusahaan yang bergerak di bidang kayu bulat yang memiliki karyawan kurang lebih 150 orang. Dengan informasi tersebut, Media Rakyat melakukan wawancara terhadap Djamrud Lahabato selaku kepala pengawas tenaga kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Ternate, pada media rakyat “dia mengatakan hingga saat ini pihak perusahaan PT. Sutra belum mendaftarkan karyawannya ke pihak asuransi sebagai jaminan tenaga kerja mereka.
Lanjut Djamrud, “jika perusahaan tersebut dengan sengaja tidak melakukan kewajibannya maka akan dikenakan sanksi kurungan maksimal 6 bulan penjara dan denda sebesar 50 juta. Ini berdasarkan UU. No.3 poin 2 bahwa setiap tenaga kerja berhak atas jaminan sosial tenaga kerja. Sebab salah hak dari setiap karyawan atau tenaga kerja apapun yang bekerja dalam sebuah lingkup perusahaan besar semestinya wajib mengantongi kartu anggota sebagai jaminan keselamatan maupun kesehatan selama karyawan tersebut bekerja”
Dengan kondisi demikian, maka sebaiknya pihak perusahaan harus memperhatikan seluruh hak para karyawannya sebagaimana yang di amanatkan undang-undang ketenagakerjaan agar setiap tenaga kerja mengantongi hak hidup yang seimbang dengan pekerjaanya (bayu)

Leave a comment