mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Kadis Pariwisata Bawa Perubahan Wisata Natuna Datangkan 5 Maestro Seni

Published on Jun 13 2017 // Ragam

Natuna, (MR)
Beranjak dari pengalaman yang lalu, Wakik Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti, selalu ada buat daerah. Hampir setiap kegiatan , dirinya sekalu hadir, ini menandakan kecintaannya pada Masyarakat Natuna. Begitu juga saat 5 mastro seni, didatangkan oleh Disbudpar, dirinya hadir .

“Saya salut sama Dinas Pariwisata Natuna, dalam waktu sesingkat ini mampu menampilkan pentas seni dari para peserta latihan seni yang kami laksanakan,” ucap Susi kasubid kesenian Dirjen Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (4/6) di gedung Sri serindit usai penutupan pelatihan seniman Natuna.Menurutnya, walaupun pementasan seni dari para peserta latihan tersebut tidak di laksanakan secara besar-besaran, namun hasilnya sangat mengejutkan.

“Hanya dalam waktu 20 hari dapat pengarahan dari para pelatih dari kami, mereka mampu menampilkan pentas seni budaya yang sangat mengagumkan, dan ini menandakan mereka serius mengikuti pelatihan, dan suport yang luar biasa dari dinas Pariwisata, ” aku Susi.

Lanjut Susi, pelatihan yang di laksanakan dari tanggal 16 Mei hingga 5 Juni ini menghadirkan pengajar profesional di lima bidang seni yang berbeda di antaranya, seni rupa, tari, teater, drama, dan musik, yang di harapkan menjadi start awal untuk kemajuan seni dan budaya lokal yang nantinya akan menjadi identitas seni dari Natuna,ucapnya.

Sementara itu Kadis Pariwisata Natuna Erson Gempa Afriandi dalam sambutanya, merespon baik kegiatan tersebut, bahkan dia berjanji akan memfasilitasi, para seniman yang telah mendapatkan pelatihan, agar mereka selalu bisa berkarya demi lestarinya seni budaya Natuna sehingga di kenal sampai ke mancanegara.

“Untuk memberi semangat kepada para seniman ini, kita akan membuat stand pameran khusus, untuk menampilkan hasil karya mereka pada saat even hari jadi kota ranai, agar bisa di pamerkan kepada turis yang hadir dengan kapal yacht,” janji Erson.

Erson juga memberikan kabar baik kepada para seniman, bahwa para seniman bisa mengajukan proposal bantuan untuk kegiatan kesenian di tujuakan ke kementrian pendidikan dan kebudayaan melalui Dinas Pariwisata.

“Untuk bantuan tersebut, silahkan mengajukan ke Dinas Pariwisata, ada bantuan berbentuk uang, alat peraga kesenian, atau apa saja yang bersangkutan dengan kesenian yang di ajarkan,” jelas Erson.

Hal senada juga di sampaikan Hadisun, Kepala Bidang (Kabid) Kesenian Dispar Natuna tersebut meyakini pelatihan ini sangat membantu penggalian potensi seniman Natuna.

“meski di daerah ujung,namun daya tangkap mereka dalam menerima pelajaran oleh tim pengajar sangat cepat,” ungkap Hadisun.

Hadisun meyakini setelah kegiatan ini, para seniman Natuna akan lebih terbuka pikirannya untuk lebih meningkatkan kreatifitas hingga bisa menghasilkan karya seni yang bisa di banggakan dan ada nilai jual di mata dunia.oleh karena itu. Mari terus berkarya, demi Natuna ke depan. >>Roy

Leave a comment