mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Jujur Objektif dan Berintegritas Untuk Peserta Usbn Unkp & Unbk Kota Tidore Kepulauan

Published on May 02 2017 // Pendidikan

Tidore Kepulauan, (MR)
Untuk mendapatkan output kelulusan terbaik dalam pelaksanaan Ujian Nasional Tahun 2017 ini, maka diharapkan kepada peserta ujian agar bisa bekerja secara jujur, dan objektif. Selain kejujuran, objektivitas, aspek integritas juga diperlukan. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo, S.Pd,MM. dalam interview-nya dengan MR baru-baru ini di ruang kerjanya.

“Integritas menjadi syarat penting untuk bisa dipercaya, dipertanggungjawabkan dan tidak diragukan sisi validitas dan objektivitas dari sebuah hasil kerja. Kita mengharapkan hal seperti itu berlaku dalam proses ujian baik ditingkat SMP/ MTs dan SD/MI untuk mengatrol indeks mutu pendidikan dalam wilayah Kota Tikep.” ungkap Ismail. Menurutnya hal tersebut telah diinstruksikan kepada semua sekolah, terutama pengawas yang nantinya diterjunkan ke setiap satuan pendidikan.

Dalam wilayah Tikep terdapat 38 sekolah tingkat SMP dan 12 sekolah MTs yang telah menyelenggarakan ujian sekolah dan USBN atau Ujian Sekolah Berstandar Nasional. Jumlah pesertanya adalah 1.559 peserta. Ujian sekolah pelaksanaannya telah dimulai pada tanggal 10 s/d 13 April 2017 kemarin. Sementara untuk mata pelajaran diuji dalam ujian sekolah meliputi ; Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, TIK, Penjaskes, Prakarya dan Seni Budaya. Untuk ujian sekolah berstandar nasional (USBN) mata pelajaran yang diuji adalah Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial.

Sedangkan untuk pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Kertas Pensil (UNKP) SMP/MTs Kota Tikep dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) waktu pelaksanaannya tanggal 2 s/d 8 Mei 2017. Ujian susulunnya dimulai tanggal 22 s/d 23 Mei 2017. dalam UNKP mata pelajaran yang diuji meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam. Hal ini berlaku juga dalam UNBK dimana mata pelajaran yang diuji sama dengan yang diuji dalam UNKP.

Untuk ujian sekolah SD/MI Kota Tikep waktu pelaksanaannya tanggal 15 s/d 19 mei 2017, meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, PAI/PAK, IPS, Pendidikan Kewarganegaraan dan Penjaskes/PJOK. Ujian susulannya tanggal 22 s/d 24 Mei 2017.

Dua sekolah yang ditetapkan sebagai penyelenggara UNBK tingkat SMP adalah SMPN 1 dan SMPN 6 Tikep. menurut Ismail sesungguhnya ada beberapa sekolah yang layak diberlakukan UNBK tapi karena sinyalnya kurang bagus maka Cuma diputuskan 2 sekolah tersebut sebagai penyelenggara UNBK. >>Ateng

Leave a comment