mediararakyat

Pembawa Suara Pembangunan Bangsa

Juara Tanpa Uang Pembinaan! Anggaran 02SN Dipertanyakan?

Published on May 11 2017 // Investigasi-Report

Natuna, (MR)
Kejuaraan Nasional yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan ollahraga Disdikpora Kepri, O2SN di kota Tanjung Pinang, mengundang seribu pertanyaan. Pasalnya kegiatan Akbar tahunan itu, telah diselenggarakan sejak tahun 2008 silam. Namun setiap tahun, pasti ada saja alasan, panitia, soal pendanaan. Mulai dari anggaran minim, sampai tidak dianggarkan.

Padahal even nasional tahunan ini sudah berjalan 9 tahun. Seperti kejadian dua tahun belakangan ini, para juara dari setiap kota, jeripayah dan keringat hanya dihargai dengan sebuah medali, dan secarik kertas, tanpa ada uang pembinaan. Ironisnya, tahun tahun sebelumnya, dana pembinaan itu selalu ada diberikan guna memacu semangat para anak Didik untuk mengejar prestasi

Salah satu tim official Dari Natuna mengaku kecewa dengan penyelenggara 02SN. Pasalnya, selain dikejar-kejar waktu, atlet yang juara tidak diberi dana pembinaan. “Kita disuruh berangkat, Senin tanding, Selasa-Rabu sudah pulang. Artinya tidak ada masa jeda sedikitpun dari panitia.

Kita ini tinggal di pulau, bukan satu daratan dengan Tanjung Pinang, yang notabene bisa setiap saat berangkat. Bagaimana anak-anak mau bisa tanding maksimal, sampai saja sudah jam 4 sore di hotel?. Sedangkan malam hari, harus mengikuti pembukaan tanpa ada parade. Intinya anak-anak tidak ada waktu istirahat hanya capek saja yang dapat, ucap Handy.

Selain itu honor wasit juga terlalu kecil, tidak sesuai dengan kwalitasnya. Padahal yang memimpin wasit Nasional semua, bahkan ada Asia, yang duitnya telah habis puluhan juta untuk mengikuti test. Alasannya panitia tidak dianggarkan.

Pernyataan seperti ini tidak masuk akal, karena kegiatan 02SN, telah diselenggarakan setiap tahun. Diminta aparat hukum agar memeriksa kegiatan ini. dimulai dari harga snak. Karena dalam satu kotak hanya ada puding sama risol satu biji , yang harganya Rp. 1000 termasuk honor wasit.

Sekali lagi saya kecewa, masalahnya anak-anak sudah kita beri semangat. Soal dana pembinaan, jika dapat juara. Masa di tingkat Kabupaten, dapat uang pembinaan, setingkat Provinsi kosong?. Ditunggu edisi depan Bongkar anggaran 02SN Disdikprov. >>Roy

Leave a comment