Jombang Raih Juara Kategori Ketahanan Pangan

juaraJombang, (MR)
Kabupaten Jombang kembali mendapat penghargaan dengan predikat juara 1 masing-masing pada kategori pelaku ketahanan pangan. Juara 1 tersebut diperoleh Kelompok Tani Sumber Makmur Desa Manduro, Kecamatan Kabuh.  Juara 1 juga disabet Yajid selaku pelaku UMKM dari Desa Japanan, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang.

Penghargaan tersebut diberikan Gubernur Jawa Timur Soekarwo pada Hari Ketahanan Pangan Sedunia ke 35 dan Hari Jadi Ke 70 Provinsi Jawa Timur di Lapangan Kodam Brawijaya Surabaya, Senin (26/10). Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang, Tjaturina Wihandoko mengaku bangga dengan apa yang sudah dicapai kedua kelompok tersebut dengan capaian masing-masing juara 1. Menurutnya, keduanya memang sangat gigih. Tjaturina menjelaskan, Riono sebagai Ketua Kelompok Sumber makmur telah berjuang mengajak para petani untuk menyetor hasil panen padi ke lumbung desa. “Ini luar biasa, karena Desa Manduro termasuk desa tandus,  di desa ini para petani hanya memanen tanaman padi hanya sekali dalam satu tahun. Meski demikian, melalui sistem lumbung, petani di situ dapat menyimpan untuk cadangan pangan bagi warga sekitar  untuk setahun,” ujar Tjaturina.

Istri Bupati Jombang ini juga menjelaskan tentang kiprah dari Yajid sebagai pelaku UMKM di Desa Japanan. Tjaturina menjelaskan, pak Yajid termasuk sosok yang gigih ulet dan memiliki pemikiran inovatif.  Melalui hasil kreasinya, kata Tjaturina yang mendampingi saat penerimaan penghargaan,  dia bisa mengolah berbagai makanan dari bahan baku ketela.

Di tangan pak Yajid, lanjut Tjaturina, bahan baku ketela bisa dibuat untuk mie, tepung mokaf, keripik, dan berbagai makanan siap saji. “Tidak hanya itu, melalui ilmu yang dimilikinya, yang bersangkutan melatih warga sekitar Desa Japanan untuk mandiri dan keahliannya di tularkan kepada masyarakat yang mau. Sehingga warga sekitar bisa memanfaatkan ubi singkong dijadikan makanan olahan berbagai varian,”  imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Jombang, Heri Setyobudi mengatakan, setelah berhasil menjadi terbaik pertama, kedua wakil dari Jombang tersebut akan mewakili Kabupaten Jombang dan Provinsi Jawa Timur untuk tingkat nasional.  Heri menandaskan, yang menjadi catatan terutama kelompok dari Sumber Makmur.

Kondisi selama ini, kata Heri, desa tersebut sangat tandus hampir separuh wilayah Desa Manduro. “Meski demikian, mereka yang hidup di daerah pegunungan itu bisa menyimpan padi untuk ketahanan pangan mereka selama setahun. Pengalaman di Desa Manduro ini akan bisa memotivasi bagi  desa-desa yang ada di Kabupaten Jombang,” kata Heri.

Heri menambahkan, pada momen tersebut Kabupaten Jombang  melalui Tim Penggerak PKK kabupaten Jombang juga mendapat juara II tingkat provinsi pada lomba cipta menu makan, beragam, bergizi, berimbang, dan aman bagi keluarga kategori Resep Sayuran Dan Buah-Buahan. >>Sabit/Hms

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.