Jokowi Akan Lantik Kepala Daerah Seluruh Indonesia

jokowiJakarta, (MR)
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo telah menyusun rencana jadwal pelantikan bagi gubernur, bupati/walikota yang terpilih pada pilkada serentak gelobang pertama yang diselenggarakan pada 9 Desember 2015 lalu.

Untuk pelantikan tahap pertama ini diperuntukkan kepada daerah-daerah ya-ng hasil Pilkada tidak ada gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK). Pelantikan gubernur dan wakil gubernur nantinya akan diselenggarakan pada tanggal 11-12 Februari 2016 bertempat di Istana Negara. Sementara untuk bupati/walikota terpilih dilaksanakan pada 15 Februari 2016.

“Tanggal 11-12 Februari dilaksanakan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur oleh Bapak Presiden RI (kecuali Provinsi Kalimantan Tengah) di Istana Negara,” kata Tjahjo Kumolo melalui pesan di Blackberry Messangernya, Selasa (2/2). Beberapa hari berselang, tepatnya pada tanggal 15 Februari 2016 kemudian dilanjutkan dengan pelantikan bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota terpilih hasil Pilkada Serentak. Sesuai dengan UU, pelantikan tersebut akan dilaksanakan oleh gubernur di ibukota Provinsi.

“Rencana tanggal 15 Februari 2016 pelantikan Bupati dan Wali Kota terpilih (yang tidak ada gugatan dan belum ada keputusan sengketa oleh MK),” lanjutnya.

Adapun, untuk tujuh daerah yang masih bersengketa, pelantikannya akan digelar pada Maret 2016. Pembagian pelantikan dua tahap dilakukan supaya daerah yang tak bersengketa dapat langsung menjalankan pemerintahannya.

Sebabnya, Presiden Jokowi berpesan agar tahun ini dilakukan percepatan kerja dengan mulai melakukan tender dan mengerjakan proyek sejak Januari 2016. Sedangkan apabila masih dipimpin penjabat, akses membuat kebijakan atau menggunakan anggaran terbatas. “Lebih cepat lebih baik,” kata Tjahjo. (fjr/tmp) >>Edi

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.